IMPLEMENTASI PERENCANAAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Thesis

IMPLEMENTASI PERENCANAAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Perencanaan kurikulum merupakan bagian dari upaya mewujudkan ideide tentang pengembangan kurikulum. Butuh suatu proses dan pengetahuan untuk
melakukan kegiatan perencanaan kurikulum di satuan pendidikan. Perencanaan
kurikulum yang dilaksanakan dengan baik akan menghasilkan kurikulum yang
baik dan sitematis, relevan serta mampu beradaptasi dengan perkembangan
masyarakat dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkahlangkah perencanaan kurikulum pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota
Lhokseumawe dan untuk mendeskripsikan perumusan isi kurikulum yang
dilaksanakan madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi
dokumen. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif melalui tiga alur
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pertama, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Lhokseumawe
melakukan perencanaan kurikulum untuk 2 (dua) dokumen kurikulum setiap
tahunnya, yaitu dokumen 1 dan dokumen 3 kurikulum. Untuk dokumen 1,
penyusunannya melibatkan tim pengembang kurikulum, tenaga pendidik dan
kependidikan, komite madrasah, dan dinas terkait. Adapun langkah-langkah
perencanaannya meliputi; merumuskan visi dan misi, penentuan tujuan,
melakukan analisis konteks, menyusun rencana aksi, membuat program
perencanaan dan pelaksanaan, dan menentukan prosedur penilaian keberhasilan.
Untuk dokmumen 3, langkah-langkahnya meliputi; membuat rincian minggu
efektif, melakukan analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, menyususn
program tahunan, menyususn program semester, dan menyususun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran . Kedua, dalam merumuskan isi kurikulum, Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Kota Lhokseumawe menggunakan tolok ukur; isi harus
menarik dan penting untuk dipelajari, berguna untuk kehidupan sekarang dan
masa datang, relevan dengan kemampuan pengetahuan siswa, dan mengandung
ajaran nilai budi pekerti. Perumus isi kurikulum meliputi; pemerintah, madrasah,
dan masyarakat. Langkah perumusannya maliputi; milihan program sesuai visi
misi, merumuskan materi ajar, menyeleksi materi prioritas sesuai alokasi waktu,
merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dan persetujuan/pengesahan oleh
pimpinan madrasah. Diharapkan satuan pendidikan membuat perencanaan
kurikulum setiap tahun pelajaran dengan melibatkan pihak-pihak yang
berkompeten.


Detail Information

Penulis
R O K I M - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300261
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
375 Rok i

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail