Thesis
MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI DI DAYAH MODERN ARUN (Studi tentang Pelayanan Administrasi Dayah)
XMLTesis ini berjudul“Manajemen Pelayanan Administrasi Dayah modern Arun”,
manajemen pelayanan administrasi Dayah merupakan bentuk kerja sama personel
pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. Masalah yang diteliti
dalam Penelitian ini adalah manajemen pelayanan administrasi Dayah Arun.
Bagaimana perencanaan pelayanan administrasi Dayah modern Arun. Bagaimana
pelaksanaan pelayanan administrasi di Dayah modern Arun. Bagaimana hasil
pelayanan administrasi Dayah modern Arun. Apa saja kendala yang dihadapi
dalam menerapkan manajemen pelayanan administrasi. Tujuan penelitian adalah
Untuk menjelaskan tentang pelayanan manajemen administrasi Dayah modern
Arun. Untuk mendeskripsikan tentang administrasi dayah modern Arun. Untuk
menjelaskan tentang hasil pelayanan manjemen administrasi. Untuk menjelaskan
tentang kendala yang dihadapi dalam menerapkan. Metode dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek
dalam penelitian ini adalah santri Dayah Modern Arun, bagian administrasi Dayah
Arun, orangtua santri, ketua Yayasan Dayah modern Arun, beberapa guru Dayah
Arun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan permasalahan, tujuan dan teknik
pengumpulan data di atas maka mendapatkan hasil penelitian ini adalah sebagai
berikut: Pertama, perencanaan pelayanan administrasi yang dilakukan oleh Dayah
modern Arun memberikan dampak kemuslahatan dan yang lebih baik dan cepat
dalam manajemen pelayanannya, baik pelayanan administrasi atau pelayanan
keuangan dan pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan pelayanan administrasi di Dayah
modern Arun menjadi lebih tertip, wali santri langsung ke Bank Syariat untuk
melunasi segala kebutuhan administrasinya setelah dilakukan transaksi di bank
yang sudah di tujukan baru wali santri kebagian Administrasi Dayah untuk
menyerahkan slip bukti dan ketiga, hasil pelayanan administrasi Dayah modern
Arun, sudah lebih baik dengan hadirnya Bank Syariat di lingkungan Dayah tapi
ada yang memuaskan dan ada juga yang gak memuaskan artinya saling tolak ukur
yang keempat kendala yang dihadapi dalam menerapkan manajemen pelayanan
administrasi di Dayah modern Arun memiliki beberapa kendala di antaranya ialah
kurang data, kurang komunikasi antara administrsasi dengan wali santri maka
dapat disimpulkan ada dua factor yang menjadikan pelayanan administrasi lebih
baik pertama, bagian administrasi harus memiliki data yang kuat dan lengkap
yang kedua, setiap wali dan santri harus menjadikan prinsip jujur dan disiplin
dalam metransfer uang bulanan dan bagian Administrasi juga harus mengecek
setiap minggu dan bulan tetang pelayanan dan kelengkapan Administrasinya.
Detail Information
Penulis |
Andika Saputra - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 164300263 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
S2-MPI
|