PENGGUNAAN METODE INKUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGGUNAAN METODE INKUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 LHOKSEUMAWE

XML

Keaktifan siswa di SMP Negeri 12 dalam belajar PAI sangat rendah, karena
metode pembelajaran yang digunakan guru hanya model konvesional yaitu
metode ceramah saja tanpa bervariasi dengan metode lain, sehingga peserta didik
kurang aktif dalam belajar, dan kebanyakan siswa malas belajar, tidak mau
mendengarkan penjelasan guru, kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran
dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat kurang di karenakan
penggunaan metode tidak menyengkan dan sesuai sehingga siswa menganggap
pembelajaran PAI itu tidak pentng. Salah satu perubahan proses pembelajaran
yang saat ini dikembangakan adalah prose pembelajaran yang mengunakan
Metode Inkuiry. Berdasarkan masalah diatas, maka rumusan masalah adalah: 1).
Bagaimana penggunaan Metode Inkuiry dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII
SMP Negeri 12 Lhokseumawe? 2). Bagaimana Hasil Belajar PAI siswa kelas VII
SMP Negeri 12 Lhokseumawe setelah guru menggunakan Metode Inkuiry?.
Tujuan penelitani adalah: 1). Untuk mengetahui penggunaan Metode Inkuiry
dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 12 Lhokseumawe. 2).
Untuk mengetahui Hasil Belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 12
Lhokseumawe setelah guru menggunakan Metode Inkuiry pada pembelajaran
PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif di
mana lokasi penelitian adalah SMP Negeri 12 Lhokseumawe. Data-datanya
diproleh langsung dari kepala sekolah, Guru PAI dan pihak-pihak lain yang
berkompeten di sekolah tersebut serta data-data yang di dokumentasikan.
Prosedur pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan
Metode Inkuiry dalam meninkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri
12 Lhokseumawe dapat lebih efektif. Setelah guru menggunakan metode Inkuiry.
Hasil belajar siswa lebih meningkat hal ini dibuktikan dengan partisipasi siswa
dalam proses belajar mengajar.


Detail Information

Penulis
RAHMA YANTI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107541
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail