PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR HAJI DAN UMRAH SISWA KELAS X MAS RAUDHATUL FATA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Thesis

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR HAJI DAN UMRAH SISWA KELAS X MAS RAUDHATUL FATA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Pelaksanaan pembelajaran materi haji dan umrah di MAS Raudhatul Fata Kota
Lhokseumawe, guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah dan tanya
jawab. Akibatnya, proses pembelajaran tidak maksimal dan hasilnya juga tidak
seperti yang diharapkan. Hal ini dapat perbaiki dengan menerapkan pembelajaran
yang tepat. Adapun, rumusan masalah Adakah pengaruh penggunaan strategi
pembelajaran ekspositori dan macromedia flash terhadap hasil belajar haji dan
umrah Siswa MAS Raudhatul Fata Lhokseumawe? tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dan
macromedia flash terhadap hasil belajar haji dan umrah Siswa MAS Raudhatul
Fata Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis quasi-eksperimen model postest-pretest control group desing. Populasi pada
penelitian ini meliputi siswa kelas X jurusan IPS di MAS Raudhatul Fata. Sampel
penelitian ini adalah kelas X IPSI
sebagai kelas eksperimen dan X IPSII sebagai
kelas kontrrol. Data yang diperoleh dari kelas ekperimen yaitu ̅ = 78,23 dan


= 65,44. Data yang diperoleh dari kelas kontrol yaitu ̅ = 62,35 dan 

=
53,49. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel,, yaitu 1,36 <
2,21. Berdasarkan hasil uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel
yaitu 0,119 < 0,206 dan untuk kelas kontrol L0 Berdasarkan hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel
homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Dari
hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,95. Sedangkan dari daftar distribusi harga
t0,05 dengan dk = 32, dan didapat ttabel = 1,69 dengan menggunakan interpolasi.
Dengan demikian, thitung > ttabel yaitu 5,95> 1,69 yang membuktikan ada pengaruh
penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dan macromedia flash terhadap
hasil belajar haji dan umrah siswa kelas X MAS Raudhatul Fata Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
Mustafa - Personal Name
164200211 - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164200211
Edition
Language
English
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PASCA PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail