PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ALQUR’AN HADIS SISWA MAN 2 ACEH UTARA

Record Detail

Thesis

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ALQUR’AN HADIS SISWA MAN 2 ACEH UTARA

XML

ABSTRAK
Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran Hadist di MAN 2 Aceh Utara, guru
cenderung hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Akibatnya
proses pembelajaran tidak maksimal dan hasilnya juga tidak seperti yang
diharapkan. Hal ini dapat ditanggulangi dengan menerapkan pembelajaran yang
tepat. Adapun rumusan masalah Adakah pengaruh kompetensi Profesional guru
terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa MAN 2 Aceh Utara? adakah
pengaruh kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an
Hadis siswa MAN 2 Aceh Utara? Adakah pengaruh kompetensi profesional guru
dan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar Al-qur’an Hadis terhadap
siswa MAN 2 Aceh Utara? Tujuan penelitian adalah Mengetahui pengaruh
kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa MAN 2
Aceh Utara. Mengetahui pengaruh kemampuan pengembangkan bahan ajar
terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa MAN 2 Aceh Utara. Mengetahui
pengaruh kompetensi profesional guru dan pengembangan bahan ajar terhadap
hasil belajar Al-qur’an Hadis terhadap siswa MAN 2 Aceh Utara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi-Eksperimen model
postest-pretest control group desing. Populasi pada penelitian ini meliputi siswa
kelas XI jurusan IPA di MAN 2 Aceh Utara. Kemudian yang menjadi sampel
ialah kelas XI IPAI
dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI IPAII dengan 25 orang siswa sebagai kelas kontrrol. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel acak (random sampling)
Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil
pengolahan data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai ratarata dan simpangan baku dari kelas siswa yang diterapkan kompetensi profesional
guru dalam pengembangan bahan ajar yaitu:  = 79,06, S = 10,28. Sedangkan
nilai rata-rata dan simpangan baku yang diperoleh siswa yang tidak diterapkan
kompetensi profesional guru dalam pengembangan bahan ajar yaitu:  = 76,48, S
= 14,54. Berdasarkan uji-t diperoleh bahwa  
> 

 yaitu 9,148 > 1,68,
sehingga dapat disimpulkan bahwa yang diterapkan kompetensi profesional guru
dalam pengembangan bahan ajar lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan siswa
yang tidak diterapkan kompetensi profesional guru dalam pengembangan bahan
ajar, terlihat dari hasil tes siswa yang bahwa adanya pengaruh kompetensi
profesional guru dalam pengembangan bahan ajar.
ABSTRACT
In The Implementation of Al-Quran Hadist learning in MAN 2 Aceh Utara,
teachers tend to use the lecture, question and answer methods. As a result, the
learning process was not optimal and the results were not as expected. This can be
overcome by applying the right learning. The formulation of the problem Is there
any influence of the teacher's professional competence to the learning outcomes of
Al-Qur’an Hadith of MAN 2 students in Aceh Utara? Is there the influence of the
ability to develop teaching materials on the learning outcomes of Al-Qur’an
Hadith of MAN 2 students in Aceh Utara? Is there any influence of the teacher's
professional competence and the development of teaching materials on the results
of the Al-qur'an Hadith learning on students of MAN 2 Aceh Utara? Whereas the
purpose of the research is to find out the influence of the teacher's professional
competence on the learning outcomes of Al-Qur’an Hadith students of MAN 2
Aceh Utara . Knowing the influence of the ability to develop teaching materials
on the learning outcomes of Al-Qur’an Hadith students of MAN 2 Aceh Utara.
This study uses a quantitative approach with the type of Quasi-Experiment model
of post-pretest control group desing. The population in this study included class
XI students majoring in science at MAN 2 Aceh Utara. Then the sample is class
XI IPA/I with the number of students 25 people as an experimental class and class
XI IPA/II with 25 students as a control class. The sampling technique in this study
uses a random sampling technique. In collecting data, the researcher uses the ttest. Based on the results of data processing and testing, the hypotheses that have
been carried out, the average values and standard deviations from the students'
class are applied by the teacher's professional competence in the development of
teaching materials, namely: (x) ̅ = 79.06, S = 10.28. While the average values and
standard deviations obtained by students that are not applied to the professional
competence of teachers in the development of teaching materials are: (x) ̅ = 76.48,
S = 14.54. Based on the t-test, it is found that t_ (count)> t_ (table) is 9,148> 1,68,
so it can be concluded that the applied professional competence of teachers in the
development of teaching materials is higher in value compared to students who
are not applied to the professional competence of teachers in the development of
materials teach, seen from the results of student tests that the influence of the
teacher's professional competence in the development of teaching materials
:


Detail Information

Penulis
FAISAL - Personal Name
164200233 - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164200233
Edition
Language
English
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X1.1 Fai p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail