EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON PADA MATERI BANGUN DATAR

Record Detail

Skripsi

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON PADA MATERI BANGUN DATAR

XML

Rendahnya komunikasi matematis disebabkan siswa kurang diberi kesempatan
untuk mengungkapkan idenya dan menjelaskan secara lisan atau tertulis mengapa
mereka memperoleh jawaban tersebut, siswa tersebut belajar seolah-olah dengan
tekanan tanpa memiliki kesempatan untuk menganalisis, menjelaskan,
mengembangkan atau menyeleksi ide mereka, sehingga pembelajaran yang
dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam mengembangkan kemampuan
komunikasi matematis siswa. Salah satu usaha yang dapat ditempuh adalah
dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Time Game Tournament
(TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendskripsikan bagaimana Efektifitas
Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Time Games Tournament (TGT) Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Syamtalira Aron Pada
Materi Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK). Sumber data adalah siswa kelas VIII4 sebanyak 24 orang. Sedangkan
subjek penelitian terdiri dari 1 orang berkemampuan tinggi, 2 orang
berkemampuan sedang dan 2 orang berkemampuan rendah. Adapun indikator
keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut: Penelitian ini berhasil apabila
mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80% dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru
maupun siswa berdasarkan hasil observasi berada pada kategori ”baik”. Secara
keseluruhan hasil penelitian dengan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Time
Games Tournament (TGT) menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa
mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir siklus I yaitu sebesar 46% dan
siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah sebesar 83%. Sehingga dapat
dikatakan persentase siklus II tersebut lebih besar dari presentase ketuntasan
siklus I. Begitu pula dengan hasil observasi siklus II terhadap kegiatan peneliti
rata-rata 87,8, sedangkan terhadap kegiatan siswa rata-rata 90,4%, hasil ini lebih
besar dari hasil observasi pada siklus I terhadap kegiatan peneliti yang rataratanya hanya mencapai 68,7% dan terhadap kegiatan siswa hanya mencapai ratarata 74,8% dan persentase siklus II yang diperoleh tersebut lebih besar daripada
persentase siklus I, karena persentase yang diperoleh lebih besar daripada standar
yang ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah berhasil dan tidak perlu
dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Time Games Tournament
(TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Syamtalira
Aron Pada Materi Bangun Datar.


Detail Information

Penulis
RAIHANIL JANNAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208288
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail