Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsN 4 ACEH UTARA
XMLRendahnya hasil belajar matematika dapat dilihat dari siswa yang belum tuntas
dalam mata pelajaran matematika sebesar 40% sedangkan KKM untuk mata
pelajaran matematika adalah 65. Hal ini disebabkan siswa tidak menguasai konsep
dari sistem kerja garis bilangan sehingga siswa masih sulit dalam mengerjakan soal
– soal bilangan bulat yang berbentuk soal cerita serta siswa kurang kreatif dalam
menjawab sial cerita. Oleh karena itu di butuhkan suatu model pembelajaran yang
menyenangkan terhadap hasil belajar siswa yang lebih baik yaitu melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)
berbantuan media powerpoint. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dimana data yang diperoleh berupa tes diuji secara statistik. Tes tersebut bertujuan
untuk melihat hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media
powerpoint kelas VII MTsN 4 Aceh Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Aceh Utara. Sementara sampelnya terpilih 2
kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen, pemilihan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik random sampling class, yang terpilih menjadi sampelnya
kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Berdasarkan
hasil penelitian (1) Uji kemampuan awal diperoleh thitung 1,085 dan ttabel = 2,0115.
Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan = 0,05 dan (dk) = 49
berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka terima H0 karena thitung < ttabel yaitu
1,085 < 2,0115. yang berarti “Tidak ada perbedaan kemampuan kelas eksperimen
dan kontrol”. Sedangkan (2) Uji kemampuan akhir diperoleh thitung = 5,25 >
1,6781 dan ttabel = 1,6781. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan =
0,05 dan (dk) = 49 berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka tolak H0, karena
thitung > ttabel yaitu 5,25 > 1,6781. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
“Hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 4 Aceh Utara dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media
powerpoint lebih baik daripada pembelajaran Konvensional.
Detail Information
Penulis |
MUTIA RAHMADANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208243 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|