Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON
XMLPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika pada
siswa kelas X SMK Negeri 1 Syamtalira Aron. Harus diakui bahwa rendahnya
hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya
pemahaman konsep siswa terhadap materi yang diajarkan dan tingkat kemampuan
siswa dalam berfikir, berbicara dan menulis masih rendah menyebabkan siswa
tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa sulit memahami
dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Akibatnya hasil belajar matematika
siswa dalam belajar kurang efektif dan optimal. Hal tersebut berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1
Syamtalira Aron. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kedua kelas bersifat
homogen dan berdistribusi normal, uji homogenitas hasil belajar dilakukan
dengan uji F, dan diperoleh hasil bahwa kedua varian kelas homogen dengan
kriteria Fhitung < Ftabel , yaitu 1,08<2,19 uji normalitas hasil belajar menggunakan
uji lilliefors pada taraf signifikan = 0,05 dan n=20 dengan kriteria kelas
eksperimen diperoleh L0
selanjutnya dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan = 0,05 dan (dk)
(n1 + n2 - 2) = 36 diperoleh thitung=2,79 dan ttabel=1,6892. Dengan demikian thitung >
ttabel 2,79>1,6892. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0
, yaitu
hitung tabel t > t dan diperoleh hasil 2,79>1,6892. Maka ”ada pengaruh pembelajaran
Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X
SMK Negeri 1 Syamtalira Aron.”.
Detail Information
Penulis |
MUTIA RAHMI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208240 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|