Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTsN 3 ACEH UTARA
XMLKemampuan berfikir kreatif matematika siswa selama ini masih rendah, hal ini
dapat dilihat dari kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami dan
memecahkan suatu masalah atau soal yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut peneliti melakukan sebuah penelitian dengan menerapakan
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam proses
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada siswa kelas VII1 MTsN Aceh Utara
Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe
Teams Games Tournament (TGT) pada materi Segiempat. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah siswa
kelas VII1 sebanyak 34 orang. Sedangkan subjek penelitian terdiri dari 1 orang
berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang dan 2 orang
berkemampuan rendah. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah
sebagai berikut: Penelitian ini berhasil apabila mencapai ketuntasan klasikal
80% dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa berdasarkan
hasil observasi berada pada kategori ”baik”. Secara keseluruhan hasil penelitian
dengan penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan
bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami perubahan yaitu pada hasil tes
akhir siklus I yaitu sebesar 59% dan siklus II jumlah persentase ketuntasan
adalah sebesar 82,4%. Sehingga dapat dikatakan persentase siklus II tersebut lebih
besar dari presentase ketuntasan siklus I. Begitu pula dengan hasil observasi siklus
II terhadap kegiatan peneliti rata-rata 86,95%, sedangkan terhadap kegiatan siswa
rata-rata 89,55%, hasil ini lebih besar dari hasil observasi pada siklus I terhadap
kegiatan peneliti yang rata-ratanya hanya mencapai 75,15% dan terhadap kegiatan
siswa hanya mencapai rata-rata 74,35 % dan persentase siklus II yang diperoleh
tersebut lebih besar daripada persentase siklus I, karena persentase yang
diperoleh lebih besar daripada standar yang ditetapkan maka diputuskan bahwa
siklus II telah berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga
dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat
meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa pada materi segi
empat di MTsN 3 Aceh Utara.
Detail Information
Penulis |
LISA NOVIANTY - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208266 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|