Skripsi
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKS-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTsN 6 ACEH UTARA
XML![](https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/81/Mendeley_Logo_Vertical.png/600px-Mendeley_Logo_Vertical.png)
Rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa disebabkan karena siswa
kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang berani dalam mengungkapkan
dan menyampaikan ide-ide atau gagasan matematika dengan benar dan jelas. Oleh
karena itu, dibutuhkan alternatif pembelajaran untuk dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematika siswa. Salah satu pembelajaran tersebut
adalah menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS) Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan
komunikasi matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif
Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di
kelas VIII MTsN 6 Aceh Utara pada meteri Operasi hitung Aljabar. Dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Aceh Utara, sedangkan yang menjadi
sampel adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa
kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran biasa
dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. 1). Berdasarkan uji beda kemampuan
awal siswa diperoleh hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% dan derajat
kebebasan (dk) = 50 menunjukkan thitung < ttabel yaitu -1,67 < 1,22 dengan demikian
terima H0 artinya rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol
dan kelas eksperimen sama. 2). Berdasarkan uji beda kemampuan akhir siswa
hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 50
menunjukkan thitung > ttabel yaitu 1,9537 > 1,6816 dengan demikian tolak H0 dan
terima Ha artinya rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 6
Aceh Utara yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS)
lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pendekatan Scientific.
Detail Information
Penulis |
MAFUDHAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208210 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|