ANALISIS KEMAMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR DITINJAU DARI TEORI VAN HIELE PADA SISWA SMPN 5 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

ANALISIS KEMAMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR DITINJAU DARI TEORI VAN HIELE PADA SISWA SMPN 5 LHOKSEUMAWE

XML

Pemahaman siswa tentang pengetahuan saat mempelajari keliling dan luas persegi dan
persegi panjang di kelas VII-1 SMPN 5 Lhokseumawe siswa hanya bisa mengerjakan soalsoal mudah saja dalam arti kata siswa belum benar-benar menguasai konsep-konsep
matematika, jadi siswa harus diberikan konsep-konsep matematika yang tepat, agar lebih
maksimal dan lebih mendalam dalam mempelajari keliling dan luas persegi dan persegi
panjang. Guru seharusnya dapat menjelaskan materi tersebut dengan lebih jelas dan mudah
dipahami oleh siswa. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar ditinjau dari teori Van Hiele pada
siswa SMPN 5 Lhokseumawe. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk menganalisis
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi keliling dan luas persegi dan
persegi panjang yang menerapkan teori Van Hiele lebih baik daripada dengan menggunakan
metode konvesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti ingin
memperoleh data yang mendalam secara alami tentang kesulitan siswa dalam memahami
keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
skripsi ini, peneliti menggunakan tes tulis dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi data
dalam penelitian adalah 32 orang siswa-siswi di kelas VII-1 SMPN 5 Lhokseumawe.
Pengambilan subjek dilakukan dengan pertimbangan guru matematika yang mengajar
dikelas tersebut dan mudah diajak berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kesulitan siswa pada keliling dan luas bangun datar khususnya pada persegi dan persegi
panjang dikarenakan mereka tidak mampu menganalisa soal cerita dalam menyimpulkan apa
yang ditanya dalam sebuah soal cerita tersebut, dan siswa belum mengetahui rumus pada
keliling dan luas persegi dan persegi panjang disajikan dalam bentuk soal cerita yang tidak
jarang membuat kekeliruan bagi siswa sulit dalam menyelsesaikannya sehingga membuat
mereka lemah dan tidak memahami dengan materi yang selanjutnya, Terlebih lagi kesulitan
juga disebabkan oleh kurangnya metode guru dalam mengajar serta kurangnya pengulangan
diawal pembelajaran dan Pada soal yang berbentuk cerita siswa tidak hanya berkesulitan
dalam materi keliling dan luas bangun datar khususnya pada persegi dan persegi panjang
yang berbentuk soal cerita.


Detail Information

Penulis
NANA NURMAINA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208263
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail