Skripsi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL
XMLPenelitian ini membahas efektivitas metode pembelajaran role playing terhadap
kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP
Negeri 3 Lhokseumawe tahun pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan
yang dialami peserta didik di SMP Negeri 3 Lhokseumawe dalam materi aritmetika sosial.
Kesulitan tersebut diantaranya adalah peserta didik tidak mampu memahami soal cerita, belum
mampu mengidentifikasi isi soal dengan baik karena peserta didik masih belum mengerti tentang
istilah-istilah penting seperti: untung, rugi, diskon, pajak, dan bunga tunggal. Kemampuan
peserta didik pada mata pelajaran matematika juga rendah yang dibuktikan dari nilai rata-rata
ulangan semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 menunjukan 60,5 yang tidak mencapai KKM
yang telah ditentukan yaitu 65. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t. Berdasarkan uji t
dengan taraf signifikansi 5% thitung = 2,53 dan ttabel = t(0,95)(59) = 1,671. Karena thitung >
ttabel , maka rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran role playing
berbeda dan lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang biasa
diterapkan oleh guru kelas. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas
eksperimen = 73,66 dan kelas kontrol = 67,50. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa
metode pembelajaran role playing efektif terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah
peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Negeri 3 Lhokseumawe tahun
pelajaran 2017/2018.
Detail Information
Penulis |
MULIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 102204583 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|