Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
XMLABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kualitas kemampuan penalaran
matematis siswa masih belum memuaskan. Kemampuan penalaran siswa tentang pelajaran yang
diajarkan dapat terlihat dari sikap aktif, kreatif dan inovatif dalam menghadapi pelajaran
tersebut. Keaktifan siswa akan muncul jika guru memberikan kesempatan kepada siswa agar
mau mengembangkan pola pikirnya dan mau mengemukakan ide-idenya. Oleh sebab itu, perlu
diterapkan suatu aktivitas tertentu dalam pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara
keseluruhan dan memberi kesempatan siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya agar
memberi makna terhadap pengetahuan tersebut. Model pembelajaran generatif merupakan suatu
model pembelajaran berbasis konstruktivisme, yang lebih menekankan pada pengintegrasian
secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa
sebelumnya sehingga pengetahuan yang diperoleh akan lebih bermakna. Tujuan penelitian ini
adalah untuk: (1) mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara
siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran generatif dan yang
pembelajarannya secara konvensional; (2) mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran
matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 LHOKSEUMAWE.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis dan angket
skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis
siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis
siswa pada kelas kontrol. Hal ini didukung pula oleh hasil angket siswa yang menunjukkan
bahwa sebagian besar siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran matematika
dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada peningkatan
kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya secara konvensional; (2) sebagian
besar siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran matematika dengan
menggunakan model pembelajaran generatif
Detail Information
Penulis |
MAIVITA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 102204614 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|