UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 2 MAN LHOKSEUMAWE PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Record Detail

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 2 MAN LHOKSEUMAWE PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

XML

ABSTRAK
Hasil belajar matematis adalah suatu hasil nyata yang dicapai oleh siswa dalam
usaha menguasai kecakapan jasmani dan rohani di madrasah yang diwujudkan
dalam bentuk pemberian nilai pada saat siswa menjawab soal-soal post-test yang
diberikan oleh guru. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif pembelajaran agar
siswa merasa senang dengan pembelajaran matematika, salah satu usaha yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIA
2 MAN Lhokseumawe pada materi persamaan lingkara melalui model
pembelajaaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah siswa kelas XI MIA 2 sebanyak 23
orang. Sedangkan subjek penelitian terdiri dari 1 orang berkemampuan tinggi, 2
orang berkemampuan sedang dan 2 orang berkemampuan rendah. Adapun
indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut: Penelitian ini berhasil
apabila mencapai ketuntasan klasikal  80% dan kegiatan pembelajaran baik dari
sisi guru maupun siswa berdasarkan hasil observasi berada pada kategori ”baik”.
Sebelum memulai pebelajaran siswa diberikan soal pratindakan dengan tujuan
untuk melihat kemampuan kognitif siswa. selanjutnya secara keseluruhan hasil
penelitian dengan penerapan mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar
siswa kelas XI MIA 2 MAN Lhokseumawe pada materi persamaan lingkara
melalui model pembelajaaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan bahwa hasil
belajar matematis siswa mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir siklus I
yaitu sebesar 48% dan siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah sebesar
83%. Sehingga dapat dikatakan persentase siklus II tersebut lebih besar dari
presentase ketuntasan siklus I. Begitu pula dengan hasil observasi siklus II
terhadap kegiatan peneliti rata-rata 88%, sedangkan terhadap kegiatan siswa ratarata 90%, hasil ini lebih besar dari hasil observasi pada siklus I terhadap kegiatan
peneliti yang rata-ratanya hanya mencapai 73% dan terhadap kegiatan siswa
hanya mencapai rata-rata 76% dan persentase siklus II yang diperoleh tersebut
lebih besar daripada persentase siklus I, karena persentase yang diperoleh lebih
besar daripada standar yang ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah
berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.


Detail Information

Penulis
NURMASYITHAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207622
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail