Skripsi
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA KURIKULUM 2013 TERHADAP PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) ( Studi Penelitian Pada SMK Negeri 1 Nisam)
XMLNilai rata- rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
masih cukup rendah yaitu 60, sedang nilai standar KKM yang telah ditentukan adalah
70, masih banyak siswa yang tidak tuntas. Judul penelitian ini adalah “. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Kurikulum 2013 Terhadap Pencapaian
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ( Studi Penelitian pada SMK Negeri 1 Nisam).
Rumusan masalah “Bagaimana kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam pasca kurikulum 2013 terhadap pencapaian Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Negeri 1 Nisam?, Apa saja kesulitan yang
dihadapi guru pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pasca
kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Nisam? dan Bagaimana solusi untuk mengatasi
kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pasca
kurikulum 2013 terhadap pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK
Negeri 1 Nisam?”. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesulitan yang
dihadapi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pasca kurikulum 2013
terhadap pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Negeri 1 Nisam,
untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru pada pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama Islam pasca kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Nisam dan untuk
mengetahui solusi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam pasca kurikulum 2013 terhadap pencapaian
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Negeri 1 Nisam. Metode dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kesulitan
yang dihadapi siswa tidak adanya semangat dalam belajar mengajar sehingga sulit
untuk mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesulitan yang dihadapi
guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Kesulitan juga dari lemahnya
kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran. Solusi untuk mengatasi
kesulitan siswa bahwa guru lebih memastika materi pembelajaran berdasarkan
kesulitan yang dihadapi oleh siswa, memilih strategi dan metode yang baik dalam
proses pembelajaran.
Detail Information
Penulis |
SYAMNAWATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132107546 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|