PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsS DARUL ULUM

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsS DARUL ULUM

XML

Hasil Belajar merupakan tolak ukur berhasil atau tidaknya seorang subjek didik
dalam menyelesaikan program belajar yang dibebankan kepada siswa, sehingga
terlihat adanya perubahan tingkah lakusecara keseluruhan. Rendahnya hasil
belajar siswa diakibatkan oleh banyak siswa yang cendrung kurang termotivasi
untuk aktif, baik aktif dalam bertanya maupun aktif dalam mengemukakan
pendapat, dan pada saat penyampaian materi siswa hanya mencatat materi yang
disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII MTsS Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Jenis
penelitian menggunakan Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Darul Ulum. Sedangkan
pengambilan sampel menggunakan teknik acak (Random Sampling Class), yang
menjadi sampel yaitu kelas VIIc sebagai kelas eksperimen dan VIId sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes awal dan tes
akhir. Berdasarkan hasil penelitian (1) Uji kemampuan awal diperoleh thitung =
0,04 dan ttabel 2,0063. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05
dan (dk) = 47 berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka terima H0 karena -
ttabel (1-

α) < thitung < ttabel (1-

α) maka -2,0063<0,04<2,0063 yang berarti “Tidak
ada perbedaan kemampuan kelas eksperimen dan kontrol”. Sedangkan (2) Uji
kemampuan akhir diperoleh thitung = 3,73 dan ttabel 1,6749. Setelah pengujian
hipotesis pada tarf signifikan α =0,05 dan (dk) = 47 berdasarkan kriteria pengujian
hipotesis maka tolak H0, karena thitung > ttabel yaitu 3,7309 >1,6749. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Course
Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa MTsS Darul Ulum.


Detail Information

Penulis
ISMALIA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208251
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail