Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP N 1 TANAH PASIR
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui “peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe
CORE lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi Operasi
bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1Tanah Pasir”.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara
statistik dan jenis penelitiannya eksperimen dengan menggunakan true
experimental desain. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan
komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 1Tanah Pasir, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas
VIIb sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe CORE dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol yang
diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran komvensional. Berdasarkan
data yang telah terkumpul dan setelah dilakukan pengolahan data serta dilakukan
uji homogenitas diperoleh kedua kelompok data indeks gain tersebut homogen.
Kemudian dilakukan pengujian normalitas data indeks gain baik pada kelas
eksperimen maupun kelas kontrol diperoleh bahwa data indeks gain kelas
eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya untuk pengujian
hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh thitung = 3,33 sedangkan nilai
ttabel = 1,6794 dengan demikian hitung tabel t > t , yaitu 3,33 > 1,6794 dengan α = 5%
yang berarti tolak Ho dan terima Ha yang membuktikan bahwa “Peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran
CORE lebih baik dari pada pembelajaran konvensional”.
Detail Information
Penulis |
HAMDIAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208242 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|