PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini dilaksanakan dengan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
saintifik berbantuan modul terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa kelas VII SMP Negeri 7 Lhokseumawe pada materi operasi hitung bentuk
aljabar.Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika dalam proses
pembelajaran dikarenakan pendekatan dan bahan ajar yang digunakan belum
optimal, sehingga pemahaman konsep siswa tidak berkembang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 7 Lhokseumawe. Sementara sampelnya terpilih 2 kelas
yaitu kelas kontrol dan eksperimen, pemilihan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik random sampling yang terpilih menjadi sampelnya kelas
VII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah Tes awal dan tes akhir. Berdasarkan
hasil uji homogenitas dan normalitas data diperoleh bahwa kedua sampel
homongen dan normal. Hal ini diperoleh dari hasil pengolahan data dari pengujian
hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 
= 0,05 dan (dk) = 56 dan harga thitung =14.15 dan ttabel = 2,0042. Berdasarkan
kriteria pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 14.15 > 2,0042, maka
diputuskan HO ditolak, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh pendekatan saintifik berbantuan modul terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Lhokseumawe’’.


Detail Information

Penulis
TIZAHARA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208247
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail