Skripsi
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON
XMLRendahnya komunikasi matematis disebabkan siswa kurang diberi kesempatan
untuk mengungkapkan idenya dan menjelaskan secara lisan atau tertulis mengapa
mereka memperoleh jawaban tersebut, siswa tersebut belajar seolah-olah dengan
tekanan tanpa memiliki kesempatan untuk menganalisis, menjelaskan,
mengembangkan atau menyeleksi ide mereka, sehingga pembelajaran yang
dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam mengembangkan kemampuan
komunikasi matematis siswa. Salah satu usaha yang dapat ditempuh adalah
dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran snowball
throwing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMPN 1
Syamtalira Aron pada pelajaran matematika khususnya materi segiempat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data
adalah siswa kelas VII2 sebanyak 23 orang. Sedangkan subjek penelitian terdiri
dari 1 orang berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang dan 1 orang
berkemampuan rendah. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah
sebagai berikut: Penelitian ini berhasil apabila mencapai ketuntasan klasikal ≥
80% dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa berdasarkan
hasil observasi berada pada kategori ”baik”. Secara keseluruhan hasil penelitian
dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing menunjukkan bahwa
komunikasi matematis siswa mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir
siklus I yaitu sebesar 48% dan siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah
sebesar 83%. Sehingga dapat dikatakan persentase siklus II tersebut lebih besar
dari presentase ketuntasan siklus I. Begitu pula dengan hasil observasi siklus II
terhadap kegiatan peneliti rata-rata 88,2%, sedangkan terhadap kegiatan siswa
rata-rata 90,5%, hasil ini lebih besar dari hasil observasi pada siklus I terhadap
kegiatan peneliti yang rata-ratanya hanya mencapai 74,1% dan terhadap kegiatan
siswa hanya mencapai rata-rata 77,6% dan persentase siklus II yang diperoleh
tersebut lebih besar daripada persentase siklus I, karena persentase yang
diperoleh lebih besar daripada standar yang ditetapkan maka diputuskan bahwa
siklus II telah berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga
dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segi empat di SMPN 1
Syamtalira Aron.
Detail Information
Penulis |
Marlina - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208277 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|