Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
XMLRendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan salah
satunya guru lebih mendominasi seluruh kegiatan pembelajaran di kelas dan
kesempatan siswa untuk mengeluarkan ide-ide matematis sangat kurang. Akibatnya
siswa kurang memahami konsep materi yang diberikan oleh guru. Salah satu
alternatif pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan di atas adalah pembelajaran
CORE (Connecting, Organizing, Reflecting And Extending). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CORE (Connecting, Organizing,
Reflecting And Extending) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
kelas VIII SMP Negeri 12 Lhokseumawe pada materi lingkaran. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara statistik.
Adapun instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 12 Lhokseumawe. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh
dua kelas sampel, yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan
perlakuan menggunakan pembelajaran CORE dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol
yang diberikan pembelajaran secara konvensional. Hasil tes menunjukkan bahwa
70,83% siswa sudah memahami indikator menyatakan ulang konsep, 66,67% siswa
mampu memberi contoh dan non contoh dari konsep dan 35,45% siswa mampu
merapkan konsep dalam pemecahan masalah. Berdasarkan data yang telah terkumpul
dan setelah dilakukan pengolahan data serta dilakukan uji homogenitas diperoleh
kedua kelompok data tersebut homogen. Kemudian dilakukan pengujian normalitas
data baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol diperoleh bahwa data kelas
eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya untuk pengujian
hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian dengan 5% dan dk 47 diperoleh 2,1 hitung t sedangkan nilai 1,679 tabel t , dengan demikian hitung tabel t t maka 2,1 >
1,679 yang membuktikan bahwa ada pengaruh pembelajaran CORE (Connecting,
Organizing, Reflecting And Extending) terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Lhokseumawe pada materi lingkaran.
Detail Information
Penulis |
SUMARNI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208218 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|