PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsN 6 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsN 6 ACEH UTARA

XML

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan karena
kurangnya kemampuan siswa dalam memahami masalah serta merencanakan
penyelesaian suatu masalah, serta juga pembelajaran yang masih berpusat pada guru,
artinya penerapan model pembelajaran yang inovatif masih jarang digunakan. Oleh
karena itu, diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat menuntun siswa
dalam menyelesaikan suatu masalah baik masalah yang bersifat rutin maupun
masalah yang bersifat non rutin. Salah satu model yang dapat menjawab tantangan
tersebut adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa MTsN 6 Aceh Utara yang diajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TS-TS daripada model pembelajaran biasa
(konvensional). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Aceh Utara, sedangkan
yang menjadi sampel adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan
dengan model pembelajaran TS-TS dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang
menggunakan model pembelajaran biasa. 1). Berdasarkan uji beda kemampuan awal
siswa diperoleh hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% dan derajat
kebebasan (dk) = 46 menunjukkan yaitu < 1,681 dengan
demikian terima Ho artinya rata-rata kemampuan pemecahan maalah matematis siswa
kelas kontrol dan kelas eksperimen sama. 2). Berdasarkan uji beda kemampuan akhir
siswa hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) =
46 menunjukkan yaitu > 1,681 dengan demikian tolak Ho dan
terima Ha artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsN 6
Aceh Utara yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS)
lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pendekatan Scientific.


Detail Information

Penulis
ROUDHATUL JANNAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208229
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail