Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsN 7 ACEH UTARA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
XMLPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsN 7 Aceh Utara melalui
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Harus diakui bahwa
rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh
beberapa faktor diantaranya yaitu siswa masih sulit memahami dan menganalisis
soal-soal yang sifantnya non rutin. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya
kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa
kelas VIII MTsN 7 Aceh Utara. Sementara sampelnya terpilih 2 kelas yaitu kelas
eksperimen dan kontro, pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
random sampling yang terpilih menjadi sampelnya kelas VIIIa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian (1) Uji
kemampuan awal diperoleh t hitung = 0,884 dan t tabel = 2,0273. Setelah pengujian
hipotesis pada taraf signifikan = 0,05 dan (dk) = 37 berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis maka terima H0 karena t hitung < t tabel yaitu 0,884 < 2,0273
yang berarti “Tidak ada perbedaan kemampuan kelas eksperimen dan kontrol”.
Sedangkan (2) Uji gain diperoleh t hitung = 4,177 dan t tabel = 1,6879. Setelah
pengujian hipotesis pada taraf signifikan = 0,05 dan (dk) = 37 berdasarkan
kriteria pengujian hipotesis maka tolak H0, karena t hitung > t tabel yaitu 4,177 >
1,68792. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsN 7 Aceh Utara melalui
pembelajaran Contextual Teaching and Learnig (CTL) ”.
Detail Information
Penulis |
YUSMIRANDA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208244 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|