PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 KUTA MAKMUR

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 KUTA MAKMUR

XML

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan
kebiasaan guru jarang memberikan soal dalam bentuk cerita yang menyangkut
kehidupan sehari-hari, selama ini guru hanya memberikan contoh-contoh soal
yang bersifat simbol saja bukan penerapan dari konsep yang dipelajari. Akibatnya
siswa kurang mampu memahami persoalan yang terkait dengan analisis masalah.
Salah satu alternatif pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan di atas adalah
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievment Division).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran STAD lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran
saintifik pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Makmur.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji
secara statistik. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Makmur. Dengan menggunakan
teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VIII5 sebagai
kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran STAD
dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran secara
konvensional. Hasil tes menunjukkan bahwa 90,18% siswa sudah mampu
memahami masalah, 69,64% siswa sudah mampu merencanakan penyelesaian
masalah, 59,82% siswa cukup mampu menyelesaikan permasalahan berdasarkan
perencanaan dan 10,71% siswa mampu memeriksa kembali hasil yang telah
diperoleh. Berdasarkan data yang telah terkumpul dan setelah dilakukan
pengolahan data serta dilakukan uji homogenitas diperoleh kedua kelompok data
tersebut homogen. Kemudian dilakukan pengujian normalitas data baik pada kelas
eksperimen maupun kelas kontrol diperoleh bahwa data kelas eksperimen dan
kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t. Hasil penelitian dengan   5% dan dk  51 diperoleh
t
hitung  4,78 sedangkan nilai t
tabel 1,677 , dengan demikian hitung tabel t t
maka 1,77 > 1,676 yang membuktikan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran STAD lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran
saintifik pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Makmur.


Detail Information

Penulis
WARDANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208237
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail