Skripsi
ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE DALAM MEMPELAJARI MATERI TRIGONOMETRI
XMLAnalisis kesulitan siswa, trigonometri matematika sangat berperan penting dalam
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika diajarkan kepada siswa
mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Namun,
pada kenyataannya tidak sedikit siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit
dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa kelas X
SMA Negeri 2 Lhokseumawe dalam menyelesaikan soal-soal tentang aturan sinus
kosinus dan luas segitiga dari segi faktor kognitif. Kesulitan yang diteliti dalam
penelitian ini berupa kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 2
Lhokseumawe dalam menyelesaikan soal-soal. Metode penelitian yang digunakan
adalah eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk
deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari jawaban siswa dan ungkapan/penjelasan
siswa kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe dari wawancara. Data dikumpulkan
dengan instrumen tes awal (tes hasil belajar), tes diagnostic, dan melalui teknik
wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 10 siswa yang
mengalami kesulitan dari 24 siswa (41,7%). Terdapat 4 jenis kesalahan umum yang
dibuat oleh siswa dalam mengerjakan soal-soal tentang aturan sinus kosinus dan luas
segitiga, meliputi 1) kesalahan data; 2) kesalahan interpretasi bahasa; 3) kesalahan
teknis; dan 4) penyelesaian tidak dicek kembali. Simpulan penelitian adalah kesulitan
siswa dalam mempelajarai materi trigonometri adalah kesulitan dalam memahami
konsep, kesulitan dalam melakukan operasi perhitungan dan kesulitan dalam
memahami maksud/kata-kata pada soal.
Detail Information
Penulis |
AYU NIZAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208225 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|