Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MEURAH MULIA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
XMLPemahaman konsep matematis merupakan dasar utama yang harus dimiliki oleh
siswa untuk dapat melanjutkan ke berbagai permasalahan tingkat selanjutnya. Salah
satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yaitu menerapkan strategi pembelajaran aktif dan berbasis pada
permasalahan kehidupan sehari-hari yaitu pendekatan pembelajaran pendidikan
matematika realistik (PMR) yang dapat menfasilitasi siswa aktif secara mandiri
maupun secara berkelompok untuk saling berbagi pengetahuan. Salah satu
permasalahan yang dapat diselesaikan dengan PMR yaitu rendahnya kemampuan
konsep matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang mana siswa
masih sulit memahami dan mengubah model soal cerita ke dalam bentuk aljabar dan
belum menguasai penuh konsep operasi bentuk aljabar. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui proses upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Meurah Mulia pada materi sistem persamaan
linear dua variabel melalui pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2
SMA Negeri 1 Meurah Mulia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
pemahaman konsep matematis dan pengamatan, kemudian data tersebut dianalisis.
Penelitian ini berhasil atau tuntas apabila 80% siswa yang memperoleh skor KKM
dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa juga dikatakan tuntas
apabila nilai hasil amatan ≥ 80%. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X-2 di SMA Negeri 1
Meurah Mulia sesuai dengan kriteria indikator keberhasilan.Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan
PMR diperoleh: (1) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
yaitu setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan nilai rata-rata siswa dari
68,36 dengan ketuntasan sebesar 63% (kategori cukup) pada siklus I, meningkat
menjadi 80 dengan ketuntasan sebesar 84% (kategori baik) pada siklus II. (2)
Keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru sebesar 78,67% (kategori
cukup), kegiatan siswa sebesar 75,45% (kategori cukup) pada siklus I dan pada siklus
II keterlaksanaan pembelajaran meningkat dilihat dari kegiatan guru menjadi 85,33%
(kategori baik), kegiatan siswa menjadi 87,27% (kategori baik).
Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep Matematis,
Penelitian Tindakan Kelas
Detail Information
Penulis |
WIDIA ULFI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208241 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|