PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPNEGERI 1 SAMUDERA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPNEGERI 1 SAMUDERA

XML

Kemampuanpemahamankonsepmatematissiswa masih rendah, hal
inidisebabkan siswa tidak mau berfikir sendiri untuk menemukan jawaban dari
suatu permasalahan seperti rumus bangun ruang, siswa hannya menerima tanpa
tau dari mana asal rumus itu dibentuk akibatnya siswa cenderung menghafal
rumus yang sudah jadidansiswatidakterlatihberfikiruntukmemahami, menganalisa,
menyimpulkanataumenalarsehinggasiswasulitmemahamikonsepmatematika yang
diajarkan. Guru secaraklasikalberusahamenjelaskanmaterisejelasjelasnyakepadasiswamulai daridefinisi, contohsoal, sampaipemberiantugas yang
serupakepadasiswa.makahaldasar yang
harussiswamilikidalampembelajaranmatematikayaitumeningkatkanpemahamanko
nsepsiswa. untuk itu dibutuhkan suatu strategi pembelajaran dalam melaksanakan
proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan
kuantitatif dimana data yang peneliti peroleh diuji secara statistik. Adapun untuk
memperoleh data dilakukantes yang bertujuan untuk melihat kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1Samudera pada
materi kubus dan balok. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Samudera, sedangkan pengambilan
sampel secara random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak
sehingga diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas eksperimendan kelas VIII-A
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas Hargaujitmenggunakantarafsignifikan 5% atau α = 0.05 dengan (dk) = (n1 + n2 – 2) = (21 + 21– 2) = 40, makadiperolehttabel = 2,021. Berdasarkanhasilperhitungandiatasbahwa <
yaitu 1,902<2,021 maka hipotesisnya terima Ho bahwa kemampuan kedua
kelassama, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-tdua arah. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menggunakan strategipembelajaraninkuiridan pada
kelas kontrol dilakukan dengan menggunakanpendekatansaintifik dengan metode
ekspositori. Hasil penelitian diperoleh thitung= 3,193sedangkan nilai ttabel= 2,021
dengan demikian hitung tabel t  t , yaitu 3,193 > 2,021 dengan   5% yang berarti
tolak Ho
, yang membuktikan bahwa “Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran
Inkuiri Terhadap Kemampuan pemhaman konsep matemtis siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Samudera ”.


Detail Information

Penulis
SAFRINA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208281
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail