Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsN LHOKSEUMAWE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
XMLMatematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan mulai dari SD, SMP, SMA,
sampai jenjang perguruan tinggi dengan harapan dapat melatih peserta didik untuk
meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika. Akan tetapi, pada
kenyataannya siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal
pemecahan masalah matematika. Siswa kurang mampu menerapkan konsep untuk
menyelesaikan pemecahan masalah matematika. Siswa biasanya mengikuti cara
penyelesaian yang dibuat oleh guru ketika disajikan masalah yang berbeda, siswa
juga kurang dilibatkan sepenuhnya dalam pembelajaran. Kemudian minat siswa
untuk belajar matematika juga rendah. Permasalahan tersebut mengakibatkan
rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa MTsN 1 Lhokseumawe melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Snowball Throwing. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball
Throwing merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif paling sederhana
juga merupakan model yang baik untuk diterapkan dalam pembelajaran bagi guru
yang baru mengenal pembelajaran kooperatif. Dalam model ini, setiap siswa
dituntut untuk memahami materi dan bertanggung jawab terhadap kelompoknya.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang
diperoleh di uji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data langsung di
lapangan, maka peneliti melakukan tes yaitu berupa tes kemampuan pemecahan
masalah matematika terhadap siswa MTsN 1 Lhokseumawe kelas VIII pada
materi yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Lhokseumawe, sedangkan yang
menjadi sampel adalah kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil
tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan
berdistribusi normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak
kanan. Dari hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% dan derajat
kebebasan (dk) = 54 menunjukkan >
yaitu 6,67 > 1,671 dengan
demikian ditolak dan terima artinya ada peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa MTsN 1 Lhokseumawe melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing
Detail Information
Penulis |
NOFRIZAL - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122206781 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|