Skripsi
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIA SISWA SMP NEGERI 3 SYAMTALIRA ARON
XMLMatematika merupakan bidang studi yang masih sulit untuk di pelajari oleh siswa,
khususnya siswa kelas VIII SMPN 3 Syamtalira Aron. Hal ini berdasarkan
pengakuan beberapa siswa yang menuturkan bahwa mereka sering mengalami
kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal yang ada pada pokok
bahasan Sistem Persamaan Linear Dua variable (SPLDV) khususnya pada materi soal
cerita. Kesulitan siswa dalam memahami soal cerita dan juga menentukan variabel
yang belum diketahui dari soal tersebut dan juga dalam menterjemahkan soal cerita
kedalam bentuk kalimat matematika, ini merupakan masalah yang perlu dicari jalan
keluarnya. Salah satu solusi yang tepat dalam menangani masalah diatas adalah
dengan menerapkan Strategi Think-Talk-Write (TTW). Agar tujuan pembelajaran
tercapai maka guru matematika perlu memilih strategi pembelajaran yang tepat dalam
malaksanakan proses belajar mengajar, salah satu strategi pembelajaran yang
diterapkan adalah Strategi Think-Talk-Write (TTW) yang diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Syamtalira Aron dengan
menerapkan Strategi Think-Talk-Write (TTW). Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Syamtalira Aron. Dengan menggunakan teknik
random sampling diperoleh dua kelas sample yaitu kelas VIII1 dan VIII3, adapun
siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan siswa kelas
VIII3 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa tes. Tes yang
peneliti berikan terdiri dari pretes dan postes dengan soal essay. Berdasarkan
Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel yaitu 1,03 2,10
sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Sedangkan uji
normalitas dari data pre-tes dan post-tes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol,
data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data berdistribusi
normal, sehingga untuk pengujian hipotesis hasil data dengan menggunakan uji-t
pada taraf signifikan
= 0,05
dengan
dk = 38
di peroleh
t
hitung = 1,8635
dan
t
tabel =1,6866
. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak
H0
, yaitu
hitung tabel t t
dan diperoleh hasil
1,8635 1,6866
; dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi Think-Talk-Write (TTW terhadap hasil
belajar siswa kelas VII SMP Negri 3 Syamtalira Aron
Detail Information
Penulis |
ASROL WAHDI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122206726 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|