PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE

XML

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru kurang
memberikan motivasi belajar dengan cara memberikan beberapa penggunaan
materi dalam kehidupan sehari-hari ataupun permasalahan yang muncul dalam
kehidupan sehari-hari yang dialami oleh siswa. Akibatnya siswa merasa kurang
menarik untuk mempelajari matematika dengan serius. Salah satu alternatif
pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan di atas adalah pembelajaran PBL
(Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil
belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 11
Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang
diperoleh diuji secara statistik. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes
materi lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 11 Lhokseumawe. Dengan menggunakan teknik random sampling
diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen yang
diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran PBL dan kelas VIII4 sebagai
kelas kontrol yang diberikan pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan data
yang telah terkumpul dan setelah dilakukan pengolahan data serta dilakukan uji
homogenitas diperoleh kedua kelompok data tersebut homogen. Kemudian
dilakukan pengujian normalitas data baik pada kelas eksperimen maupun kelas
kontrol diperoleh bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi
normal. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian
dengan α = %5 dan dk = 53 diperoleh = 95,1 hitung t sedangkan nilai 676 = ,1 tabel t ,
dengan demikian hitung tabel t >t maka 1,95 > 1,676 yang membuktikan bahwa
terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil
belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 11
Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
ZAINAL BACHRI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208221
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail