Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS MATERI SURAH AD-DHUHA MELALUI METODE DRILL AND PRACTICE SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE
XMLSkripsi ini membahas upaya peningkatan hasil beljar al-Qur’an Hadits materi
surat Al-Dhuha melalui metode drill and practice peserta didik kelas VI SD
Negeri 3 Lhokseumawe. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
penerapan metode drill and practice dapat menghasilkan hasil belajar al-Qur’an
Hadits materi surat Al-Dhuha pada peserta didik kelas VI SD Negeri 3
Lhokseumawe. Peneliltian ini untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan
hasil belajar al-Qur’an Hadits materi surat Al-Dhuha melalui metode drill and
parctice dikelas VI SD Negeri 3 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas atau class room action research. Pada penelitian ini
metode pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode antara lain metode
dokumentasi, metode observasi, metode test dan metode wawancara. Setelah
dilaksanakn penelitian tindakan kelas hasilnya sesuai dengan hipotesis yang
diajukan yaitu ada peningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadits metode materi surat
Al-Dhuha pada peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Lhokseumawe. Hal ini
dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai rata-rata yaitu pada pra siklus 66,61,
pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 80,68 dan pada siklus II nilai rata-rata
adalah 91,43 sedangkan nilai ketuntasan klasikal pada pra siklus 64,82%, pada
siklus I menjadi 78,36% dan pada siklus II menjadi 88,57%. Saran guru harus
benar-benar menguasai materi dan kelas dalm pembelajaran al-Qur’an Hadits
materi surat Al-Dhuha metode drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik disamping itu juga menyiapkan pembelajaran disusun sesuai skedul
dan dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat berpartisipasi aktif
baik secara fisik maupun spikis.
Detail Information
Penulis |
NURHADIAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108647 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|