Skripsi
PENGARUH METODE TIMELINE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN SEUNUDDON
XMLSkripsi ini berjudul pengaruh metode Panel dan penugasan terhadap hasil
belajar SKI Sejarah Kebudyaan Islam di MTsN Seunuddon. Berdasarkan latar
belakang yang telah diuraikan di atas maka yang menjadi rumusan masalah
penelitian adalah “Adakah pengaruh metode Panel dan penugasan terhadap hasil
belajar Sejarah Kebudyaan Islam diMTsN Seunuddon. Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Panel dan penugasan
terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam diMTsN Seunudon. Pendekatan
yang diambil dalam penelitian ini yaitu dengan jenis penelitian kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan penelitian eksperimen. Sugiyono menyebutkan
bahwa metode kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan dengan
mengumpulkan angka-angka yang kemudian dianalisis secara statistik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, baik kelas eksperimen maupun
kelas kontrol, menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut bersifat homogen serta
berdistribusi normal. Sehingga peneliti dapat melakukan uji-t untuk menjawab
hipotesis yang diajukan. Sedangkan dari perhitungan data diperoleh nilai untuk
kelas eksperimen x1 71,26 dan S1 14,87 sedangkan untuk kelas kontrol
x 2 57,16 dan S2 14,78 . Maka dengan selang kepercayaan 95 %, atau α = 0,05,
dan derajat kebebasan (dk) = n1 n2 2 = (34 + 32 - 2) = 64 maka diperoleh nilai
thitung3,898 serta t
tabel t
0,9564 1,671 menunjukkan hitung tabel t t yaitu 3,898 >
1,671, maka hasilnya yaitu tolak H0
dan diterima Ha. Sehingga ada pengaruh
terhadap metode panel dan penugasan terhadap hasil belajar SKI
Detail Information
Penulis |
JASMIATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122106588 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|