PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS II PADA MATERI “SHALAT” SD NEGERI 8 NISAM ANTARA TAHUN 2018

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS II PADA MATERI “SHALAT” SD NEGERI 8 NISAM ANTARA TAHUN 2018

XML

Hasil belajar anak SD Negeri 8 Nisam Antara pada materi shalat masih belum
optimal, masih kurang dan masih perlu peningkatan, anak-anak masih kurang
berani dalam berbicara, anak belum mampu melaksanakan praktik shalat dengan
baik sehingga apa yang dikerjakan tidak jelas dan benar. Hal ini disebabkan oleh
metode yang dipilih dan digunakan oleh guru tidak tepat dan pada saat
penyampain materi terlalu monoton sehingga kurang menarik perhatian anak
dalam memahami materi. Berdasarkan permasalahan inilah peneliti mengambil
judul “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI
Siswa Kelas II Pada Materi “Salat” SD Negeri 8 Nisam Antara Tahun 2018”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap
hasil belajar PAI dengan menggunakan metode Demonstrasi terhadap anak di SD
Negeri 8 Nisam Antara Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar anak pada materi shalat. Pengambilan data dilakukan dengan
pengamatan dan wawancara dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa dengan penggunaan metode demonstarsi sangat efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar PAI materi shalat di SD Negeri 8 Nisam, hal tersebut
terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan peserta didik, yaitu
melalui hasil test siswa antara prasiklus, siklus I dan II, hasil test prasiklus
menunjukkan nilai yang tuntas diperoleh oleh 7 anak atau 3,5 %, dari 20 jumlah
anak, kemudian peneliti melakukan penelitian, yaitu: siklus I, diperoleh nilai
tuntas oleh 12 anak atau 60 %, akan tetapi setelah siklus II, hasil test anak
mengalami peningkatan, anak yang tuntas mencapai 19 anak atau 95 %. Jadi
secara keseluruhan peningkatan kemampuan anak pada materi shalat mengalami
peningkatan 60% dan peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori
tidak tuntas dan akhirnya menjadi tuntas.


Detail Information

Penulis
ARMIA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108685
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail