Skripsi
PERILAKU BERBAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL PADA MURID KELAS VI DI MIN 5 KOTA LHOKSEUMAWE
XMLBahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat, interaksi
sosial yang baik dilingkungan sekolah akan menciptakan suasana belajar yang
nyaman begitu juga sebaliknya. Tetapi di lingkungan sekolah MIN 5 Kota
Lhokseumawe interaksi yang terjadi antara murid dengan murid maupun murid
dengan guru tidak baik atau kurang sopan. Hal semacam ini akan menghambat
kemajuan siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar
melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam
rangka mencapai tujuan pengajaran. Dengan seperangkat teori dan
pengalamannya guru mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan
sistematis, salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana
memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut diambil
bagiannya dalam keberhasilan kegitan belajar mengajar. Rumusan masalah
penelitian ini adalah bagaimana perilaku berbahasa murid dikelas VI dan
bagaimana interaksi sosial antara murid di kelas VI. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi perilaku berbahasa murid dikelas VI dan untuk
mengidentifikasi interaksi sosial antara murid kelas VI. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif,
penelitian ini dilakukan di MIN 5 kota Lhokseumawe dengan subjek penelitian
guru kelas VI, murid kelas VI dan Kepala Sekolah. Peneliti mengumpulkan data- data yang diperlukan dengan menggunakan beberapa instrumen penelitian, antara
lain adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Peneliti
juga menggunakan tiga teknik dalam mengumpulkan data, yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Kata kunci: Perilaku Berbahasa, Interaksi Sosial dan Siswa
Detail Information
Penulis |
LINA PUSPITA SARI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142608463 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|