ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PROSES PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MIS BANDA MASEN LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PROSES PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MIS BANDA MASEN LHOKSEUMAWE

XML

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada sekolah-sekolah
menggunakan beberapa pendekatan diantaranya pendekatan Scientific. Penggunaan pendekatan Scientific menjadi isu menarik untuk diteliti sebab itu
penelitian ini ingin mengidentifikasi proses pembelajaran IPA dengan pendekatan
Scientific disamping juga ingin mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan
pendukung penerapan pendekatan Scientific dalam pembelajaran IPA. Metode
kualitatif deskriptif telah digunakan untuk mengeksplorasi data tentang proses
pembelajaran dengan pendekatan Scientific. Data diambil melalui observasi dan
wawancara terhadap guru, kepala sekolah, dan pengelola laboratorium pada MIS
Banda Masen. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tahap penyajian data, reduksi data, dan seterusnya melakukan penarikan kesimpulan. Penelitian telah
menemukan bahwa pendekatan Scientific dalam pembelajaran IPA belum
maksimal dilakukan, disebabkan oleh guru pembelajaran IPA tidak sepenuhnya
memahami pendekatan Scientific dalam proses belajar mengajar. Temuan ini
didasarkan pada observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas IV (empat), V
(lima), dan VI (enam). Dengan demikian dipahami bahwa pendekatan Scientific
dalam pembelajaran IPA tidak berjalan efektif sesuai prosedur dan langkahlangkahnya yang dinyatakan dalam kurikulum 2013. Penelitian juga menemukan
adanya empat kendala yang menjadi faktor penghambat yaitu; kurang tersedianya
media pembelajaran, alokasi waktu yang tidak memadai, kualifikasi guru, serta
kurangnya bahan ajar. Penelitian menyimpulkan pendekatan Scientific dalam
pembelajaran IPA perlu direkonstruksi dan reformasi proses dan sistem mengajar, baik dari alokasi waktu maupun media pembelajaran. Karena itu
direkomendasikan kepada pihak-pihak berkompeten agar lebih memperhatikan
media pembelajaran, lamanya waktu belajar, kualifikasi guru, dan materi ajar
untuk menyempurnakan proses pembelajaran IPA dengan pendekatan Scientific di
Madrasah. Kata Kunci: Analisis, Pendekatan Scientific, Pembelajaran IPA


Detail Information

Penulis
RINI SUFIANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142608459
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail