Skripsi
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUN LEARNING PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD NEGERI 17 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE
XMLMotivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi dari
metode-metode yang diterapkan oleh pengajar disekolah. Metode yang terlalu
membosankan dapat mempengaruhi mutu dan hasil belajar siswa dan juga
pendidikan dalam pembelajaran tematik. Metode yang terlalu mengarah kepada
guru dan tidak mengaktifkan siswa merupakan penyebab kurang menariknya
minat belajar siswa sehingga kegiatan pembelajaran dianggap tidak bermanfaat.
Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlunya metode yang
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran tematik. Tujuan
penelitian ini untuk melihat hasil belajar siswa dan mendeskripsikan penerapan
metode fun learning dalam meningkatkan hasil belajar tematik dengan sub tema
pengalamanku pada kelas I di SD Negeri 17 Banda Sakti. Peneliti ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneliti PTK (penelitian
tindakan kelas). Subjek yang menjadi bahan peneliti adalah kelas I SD Negeri 17
Banda Sakti, siswa perempuan terdiri dari 19 orang dan siswa laki-laki terdiri dari
16 orang. Hal ini terlihat dari persentase awal 28% meningkat menjadi 54% pada
siklus pertama, dan meningkat menjadi 88% pada siklus ke dua. Hal ini dapat
dilihat bahwa pengguna metode fun learningdapat meningkat hasil belajar siswa,
hal ini terlihat pada persentase hasil observasi pengamat pada siklus I meningkat
pada siklus ke II, dengan demikian bahwa metode fun learning dapat meningkat
hasil belajar siswa.
Detail Information
Penulis |
NURUL IZZATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152609259 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|