UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SHALAT FARDHU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DIKELAS III SD NEGERI 14 MUARA DUA

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SHALAT FARDHU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DIKELAS III SD NEGERI 14 MUARA DUA

XML

Kemampuan anak dalam materi shalat fardhu nilainya masih di bawah standar
ketuntasan, dalam pelajaran metode yang digunakan guru masih belum begitu
terarah dan belum sempurna serta kurang efektif. Aspek afektif serta antusias anak
dalam mengikuti pembelajara PAI kurang berminat, anak lebih banyak bergurau,
tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga tidak
adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih perlu
peningkatan. penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI
Materi Shalat Fardhu Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di kelas III SD
Negeri 14 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Adapun yang menjadi rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar PAI
dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas III SD Negeri 14 Muara Dua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah terjadi peningkatan hasil
belajar PAI di SD Negeri 14 Muara Dua Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran
2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Shalat Fardhu. Pengambilan
data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan,
metode demonstrasi efektif digunakan pada peningkatan hasil belajar PAI di SD
Negeri 14 Muara Dua, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan
keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu,
mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan
bertanya dan mengemukakan pendapat, yaitu, hasil penilaian materi shalat fardhu
didapat dari skor rata-rata pada siklus I diperoleh yaitu 60 % yang berarti mulai
belum tuntas, pada siklus II pada materi shalat fardhu meningkat sebanyak 19
yaitu (95 %) dalamhasil belajar PAI materi salat fardhu melalui metode
demonstrasi meningkat.


Detail Information

Penulis
UMMIYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609256
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail