Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS B MELALUI METODE DRILL PADA MATERI IQRA DALAM HURUF HIJAIYAH DI TK NEGERI PEMBINA BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE
XMLHasil belajar siswa kelas B TK Negeri Pembina Banda Sakti materi Iqra’ pada
huruf hijaiyah belum sesuai harapan. Hal ini diduga karena guru belum
menggunakan model pembelajaran yang baik dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Atas dasar ini peneliti ingin mencoba menggunakan model drill
sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran melalui
kegiatan penelitian tindakan kelas. Pertanyaan penelitiannya, bagaimanakah upaya
meningkatkan hasil belajar siswa kelas B melalui metode drill pada materi Iqra
dalam huruf hijaiyah di TK Negeri Pembina Banda Sakti Kota Lhokseumawe?
tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas B melalui
metode drill pada materi Iqra dalam huruf hijaiyah di TK Negeri Pembina Banda
Sakti Kota Lhokseumawe, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru pelaksana kegiatan
pembelajaran Iqra dalam huruf hijaiyah dengan model drill dan seluruh siswa
kelas B TK Negeri Pembina Banda Sakti yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan
data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan hasil belajar siswa melalui model drill pada materi Iqra dalam huruf
hijaiyah di kelas B TK Negeri Pembina Banda Sakti dapat dikatakan efektif. Hal
ini terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas pada setiap siklusnya. Pada
pratindakan, jumlah siswa yang tuntas adalah 16,67%, akan tetapi setelah
tindakan siklus pertama, jumlah siswa yang tuntas mencapai 58,33% dan kembali
meningkat menjadi 75% setelah tindakan siklus kedua.
Detail Information
Penulis |
ERNAFIANTI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108613 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|