PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE MENGHAFAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Kasus di MTsS Darul Ulum Al-Munawwarah Lhok Mon Puteh)

Record Detail

Skripsi

PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE MENGHAFAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Kasus di MTsS Darul Ulum Al-Munawwarah Lhok Mon Puteh)

XML

Skripsi ini berjudul “Problematika Penerapan Metode Hafalan Dalam
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits”. Lokasi penelitiannya terletak di MTsS Darul
Ulum Al-Munawwarah Lhok Mon Puteh/Blang Poroh Cunda Lhokseumawe.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah tidak adanya materi yang
terhafal oleh siswa dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits, siswa yang memiliki
banyak alasan saat diminta untuk menghafal suatu materi, dengan berbagai
macam bentuk keluhan. Pertanyaan penelitian apa problematika penerapan
metode menghafal dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits di MTsS Darul Ulum
Lhok Mon Puteh? Apa upaya guru dalam menerapkan metode menghafal dalam
pembelajaran Al-qur’an Hadits di MTsS Darul Ulum Lhok Mon Puteh? Tujuan
penelitian adalah untuk menjelaskan problematika penerapan metode menghafal
dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits di MTsS Darul Ulum Lhok Mon Puteh,
untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menerapkan metode menghafal dalam
pembelajaran Al-qur’an Hadits di MTsS Darul Ulum Lhok Mon Puteh. Jenis
penelitian adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata
pelajaran Al-qur’an Hadits. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga
cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah
problematika penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits
di MTsS Darul Ulum Lhok Mon Puteh adalah banyaknya mata pelajaran lain yang
memberikan tugas sehingga menyulitkan anak didik dalam menghafal, Upaya
dalam menerapkan metode menghafal dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits di
MTsS Darul Ulum Lhok Mon Puteh yaitu, dengan menggunakan tekhnik atau
metode 5 T dalam praktek menghafal, dengan menggunakan metode 5 T muridmurid dapat dengan mudah menghafalkan hafalan yang minta hafalkan oleh guru.
Jadi meskipun banyaknya mata pelajaran lain yang juga memberikan tugas,
namun menghafal suatu materi juga mampu murid lakukan dengan menggunakan
metode 5 T.


Detail Information

Penulis
NURFAZILAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108141
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail