HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON

XML

Gaya mengajar guru dan minat siswa bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa
dipisahkan karena minat sangat berperan dalam pembelajaran yaitu sebagai
pembangkit dan pendorong siswa dalam belajar namun dewasa ini siswa di SMPN
1 Syamtalira Aron kadangkala siswa sering mengalami kebosanan, kurang
menarik untuk mempelajari PAI, sering keluar masuk ruangan saat proses
pembelajaran berlangsung, telat masuk kedalam ruangan kelas, bermalas- malasan, mengantuk dalam belajar, dan ini salah satu faktornya mungkin
dipengaruhi oleh gaya mengajar guru PAI. Adapun rumusan masalahnya adalah
adakah hubungan gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa SMPN
1 Syamtalira Aron? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa di SMPN
1 Syamtalira Aron, Metode penelitian penelitiannya adalah kuantitatif pendekatan
korelasi, pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisis data menggunakan rumus kolerasi PPM. Berdasarkan penelitian yang
telah dilakukan hasilnya bahwa: gaya mengajar guru PAI dalam kondisi yang
cukup. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 54,5 berada pada
interval 51-56. Motivasi belajar siswa berada pada kondisi yang cukup dengan
rata-rata 63,36 berada pada interval 59-65. Adapun mengenai hubungan gaya
mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa, dapat ditarik kesimpulan
yaitu pada taraf signifikansi 5% dengan responden 36, diperoleh = 0,329,
sedang = 0,428 sehingga dengan demikian lebih besar dari pada =. Pada
taraf signifikansi 1% dengan jumlah responden 36, diperoleh = 0,424, sedang
= 0,483 sehingga dengan demikian lebih besar . Setelah diinterpretasikan
antara dan pada taraf signifikansi 5% dan 1% lebih besar dari pada , hasilnya adalah signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif
antara gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa. Artinya semakin
gaya mengajar guru PAI, maka semakin baik pula motivasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah gaya mengajar guru PAI maka motivasi belajar siswa
semakin rendah pula.


Detail Information

Penulis
RISKA NOVIANTI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108165
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail