PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR AL-QURAN ANAK DI GAMPONG RHENG BLUEK

Record Detail

Skripsi

PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR AL-QURAN ANAK DI GAMPONG RHENG BLUEK

XML

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang paling utama yang didapatkan
oleh seorang anak. Di dalam keluarga terdapat orang yang paling berjasa dalam
hidup seseorang yaitu orang tua. Orang tua merupakan ayah dan ibu yang telah
memberikan kehidupan bagi kita di dunia ini. Orang tua juga mempunyai peranan
penting dalam menddidik anaknya, terutama dalam memberikan pendidikan
kepada anak, orang tua mempunyai peranan penting alam pendidikan anak, karena
dengan adanya dorongan orang tua maka anak tersebut akan berhasil dalam
pendidikan. Berdasarkan observasi di Gampong Rheng Bluek penulis
menemukan, kurangnya peranan orang tua terhadap anak dalam belajar Al- Qur’an, faktor penyebabnya adalah sebagian besar berasal dari orang tua yang
kurang memberikan pengawasan kepada anaknya dalam semua kegiatan ditempat
pengajian yang dapat mempengaruhi tingkat motivasi dalam belajar Al-Qur’an.
Kadang orang tua bersikap acuh tak acuh dalam memperhatikan akan kemajuan
dan perkembangan anaknya dan menganggap maju atau tidaknya anak dalam
belajar Al-Qur’an merupakan tugas guru ngaji tanpa menyadari sesungguhnya
peran orang tua juga dapat mempengaruhi akan peningkatan belajar Al-Qur’an
anaknya di ditempat pengajian. Kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar
Al-Qur’an anak, di karenakan kesibukan orang tua dan orang tua hanya
menganggap di sekolah sudah memberikan pendidikan yang bagus, sehingga
orang tua tidak lagi berperan dalam pendidikan belajar Al-Qur’an anak. Yang
menjadi rumusan masalah pertama, bagaimanakah peran orang tua dalam
memotivasi minat belajar Al Qur’an anak di Gampong Rheng Bluek, kedua apa
saja kendala yang dihadapi orang tua dalam memotivasikan minat belajar Al- Qur’an anak di Gampong Rheng Bluek. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah
pertama untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memotivasi minat
belajar Al Qur’an anak di Gampong Rheng Bluek, kedua untuk mengetahui apa
saja kendala yang dihadapi orang tua dalam memotivasikan minat belajar Al- Qur’an anak di Gampong Rheng Bluek. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan jenis penelian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah Penelitian
kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung
menggunakan analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini, yaitu penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, Teknik pengolahan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dalam skripsi ini adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, peran orang tua dalam memotivasi minat belajar Al Qur’an anak di
Gampong Rheng Bluek yaitu menyuruh anak membaca al-qur’an, membiasakan
anak membaca al-qur’an, memasukkan anak ke tempat pengajian, memberikan
perhatian kepada anak, memberikan hadiah dan memberikan hukuman ringan.
Kedua, Kendala yang dihadapi orang tua dalam memotivasikan minat belajar Al- Qur’an anak di Gampong Rheng Bluek yaitu orang tua tidak memiliki ilmu
pengetahuan, kesibukan ibu mengerjakan tugas yang lain, daya ingat anak belum
bisa menangkap sepenuhnya yang diajarkan dan anak kurang peduli (kurang
disiplin) terhadap belajar al-qur’an.


Detail Information

Penulis
ANITA ZAHARA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108125
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail