Skripsi
KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ILMU TEKNOLOGI (IT) DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN 4 ACEH UTARA
XMLMinat belajar siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kurangnya
menarik dikarenakan kebanyakan menghafal, teorinya dan ayat-ayatnya, maka
dari itu peran guru untuk meningkatkan minat belajar dengan menggunakan
pembelajaran berbasi informasi teknologi agar nantinya pelajaran yang
disampaikan lebih menyenangkan dan lebih memahami sehingga lebih leluasa
untuk mengingatnya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti
tertarik melakukan penelitian dengan judul “Kemampuan Guru PAI Dalam
Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi (IT) Dan
Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTsN 4 Aceh Utara”. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja media pembelajaran yang
digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di di MTsN 4
Aceh Utara, bagaimanakah kemampuan guru dalam mempergunakan media
pembelajaran di di MTsN 4 Aceh Utara dan apa saja kendala dalam penggunaan
media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di di MTsN 4
Aceh Utara? Tujuan penelitian yang dapat dijabarkan dalam penulisan skripsi ini
yaitu untuk menjelaskan media pembelajaran yang digunakan oleh guru di MTsN
4 Aceh Utara, untuk menjelaskan bagaimana kemampuan guru dalam
mempergunakan media pembelajaran di MTsN 4 Aceh Utara dan untuk
menjelaskan kendala dalam penggunaan media pembelajaran di MTsN 4 Aceh
Utara. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, interview, dandokumentasi. Teknik Analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian
ditemukan bahwa media guru dalam pengunaan IT pada pembelajaran PAI
untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 4 Aceh Utara cukup
bervariasi yaitu dengan memilih media menarik seperti penayangan slide, gambar,
video dan audio. Kemampuan guru PAI dalam penggunaan media teknologi
informasi dalam pembelajaran masih kurang dan Guru cenderung lebih terpaku
pada penggunaan metode mengajar sederhana seperti ceramah, diskusi dan
pemberian tugas. Kurangnya kemampuan guru untuk menggunakan teknologi
informasi ini dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Kendala dan usaha yang
dilakukan oleh guru PAI dalam pemanfaatan media teknologi informasi dalam
pembelajaran PAI di MTsSN 4 Aceh Utara adalah tidak terbiasa menggunakan
teknologi informasi tersebut. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi
hambatan dalam penggunaan media tekonologi informasi dalam pembelajaran
PAI yaitu guru PAI berusaha untuk mempelajari dan terus menggali informasi
mengenai pemanfaaan media IT yang baik dalam pembelajaran.
Detail Information
Penulis |
NURATUL IKRAMI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108126 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|