Skripsi
PERAN PENGAWAS PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PAI DI MAS SAMUDERA KABUPATEN ACEH UTARA
XMLPengawasan dalam dunia pendidikan sangatlah diperlukan dalam meningkatkan
mutu pendidikan sebagaimana yang diharapkan, begitu juga dengan pengawasan
yang dilakukan oleh pihak pengawas dinas terhadap guru PAI yang ada di MAS
Samudera, dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang
dimilikinya. Berdasrakan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini
adalah : 1) Untuk mengetahui planing pengawas pendidikan dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAS Samudera
Kabupaten Aceh Utara, 2) Untuk mengetahui penerapan setiap planing pengawas
pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Pendidikan Agama
Islam (PAI) di MAS Samudera Kabupaten Aceh Utara. 3) Untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat setiap planing pengawas pendidikan
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
di MAS Samudera Kabupaten Aceh Utara. Adapun skripsi ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya untuk teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: a) Planing pengawas pendidikan
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
di MAS Samudera yaitu dengan meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru
antara lain: (1) kompetensi pedagogik; (2) kompetensi profesional; (3) kompetensi
kepribadian; (4) kompetensi sosial yang mengacu pada proses mengajar, baik itu
tujuan, materi, metode, alat, cara pengevaluasi, cara membimbing dan mental
guru terhadap tugas mereka. b) Penerapan setiap planing pengawas pendidikan
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
di MAS Samudera yaitu dengan membentuk Kelompok Kerja Guru PAI (KKG
PAI) yang dilakukan setiap tanggal 12 di bulan berjalan, serta adanya fasilitas
yang mendukung dari pihak sekolah. c) Faktor pendukung dan faktor penghambat
setiap penerapan planing pengawas pendidikan dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAS Samudera yaitu:
faktor pendukung: 1) adanya kesadaran dari guru PAI dalam memperbaiki
kualitas pembelajarannya dan selalu berkeinginan untuk menjadi lebih baik, dan
2) adanya fasilitas sebagai penunjang dari pihak sekolah. Sedangkan faktor
penghambat yaitu: 1) Guru tidak mengikuti secara rutin KKG PAI, dan 2) adanya
guru yang tidak membuat Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), ada yang
lengkap namun tidak menerapkannya, 3) adanya guru yang tidak menerapkan
aneka jenis metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran PAI. Saran
peneliti agar selalu memberikan pengawasan kepada guru PAI untuk selalu siap
dalam proses pembelajaran.
Detail Information
Penulis |
SAFRIZAL - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142708493 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
MPI
|