Skripsi
PENERAPAN ETIKA KOMUNIKASI BISNIS ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Rumah Makan Wong Solo Cabang Lhokseumawe)
XMLSkripsi ini berjudul Penerapan Etika Komunikasi Bisnis Antara Penjual Dan
Pembeli Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Rumah Makan Wong Solo Cabang
Lhokseumawe)“. Rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan etika komunikasi
bisnis antara penjual dan pembeli di rumah makan Wong Solo cabang
Lhokseumawe. Apasaja hambatan penerapan etika komunikasi bisnis antara
penjual dan pembeli di rumah makan Wong Solo cabang Lhokseumawe. Dan
apakah Wong Solo telah menerapkan standar syariah dalam interaksi dengan
konsumen. Adapun tujuan penulisan skripsi adalah untuk mengetahui bagaimana
penerapan etika komunikasi bisnis antara penjual dan pembeli di rumah makan
Wong Solo cabang Lhokseumawe. Untuk mengetahui apasaja hambatan
penerapan etika komunikasi bisnis antara penjual dan pembeli di rumah makan
Wong Solo cabang Lhokseumawe. Dan untuk mengetahui standar syariah yang
telah diterapkan Wong Solo dalam interaksi dengan konsumen. Teori yang
digunakan adalah teori Neo-Klasik. Penulis menggunakan penelitian kualitatif
dengan tipe deskripsi. Sumber data dari penelitian ini yaitu para karyawan Wong
Solo, manager dan wakil manager serta para pengunjung Wong Solo. Informan
dalam penelitian ini terdiri dari 16 orang. Dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data dan analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi menunjukkan bahwa
pertama, penerapan etika komunikasi bisnis antara penjual dan pembeli di rumah
makan Wong Solo cabang Lhokseumawe yaitu dengan bersikap jujur, berpakaian
muslimah, tempat yang bersih dan rapi, bersikap ramah tamah, pelayanan yang
baik sopan serta santun. Kedua, hambatan etika komunikasi Islam antara penjual
dan pembeli di Rumah makan Wong Solo cabang Lhokseumawe yaitu adanya
konsumen yang tidak sabar dalam penyajian makanan, penyajian yang lama bila
pada waktu tertentu seperti hari kerja jam makan siang, adanya konsumen yang
ingkar janji saat memenuhi pesanan yang sudah dibooking dan yang menjadi
hambatan terbesar ayam bakar Wong Solo cabang Lhokseumawe hari ini adalah
ada orang iri dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menjelek-jelekkan
bisnis ini. Dan ketiga, Wong Solo Lhokseumawe selama ini sudah menerapkan
interaksi dengan konsumen berstandar syariah. Diantaranya yaitu dengan
menawarkan produk makanan yang halalan thayyiban dan makanan yang terjamin
kebersihan dan kehigenisannya
Detail Information
Penulis |
Nursiah - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 133107895 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FUAD-KPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
KPI
|