Thesis
KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’ĀN (STUDI TEMATIK TERHADAP AYAT-AYAT KEPEMIMPINAN)
XMLABSTRAK
Keberhasilan dan kegagalan sebuah organisasi sangat erat dan selalu dihubungkan
dengan kepemimpinan. Dalam Pendidikan Islam, kepemimpinan sangat
menentukan arah sebuah orientasi pendidikan yang akan dijalankan. Kajiannya
dilatar belakangi oleh banyaknya pemimpin yang mengandalkan sanksi atau
hukuman serta konsep barat yang merajalela dan jarang sekali mencari pemimpin
yang sesuai dengan konsep qur’āni sebagai bahan pertimbangan untuk
meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan Islam yang memiliki kecerdasan
spiritual dan selalu termotivasi untuk menegakkan nilai-nilai moral yang baik
sesuai dengan keyakinan agama Islam dan akan menjauhi segala kemungkaran
dan sifat yang merusak kepada kepribadiannya sebagai manusia yang beragama.
Fenomena inilah yang membuat penulis mengangkat pembahasan ini dengan
judul “ Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Al-Qur’ān (Studi
Tematik Terhadap Ayat-ayat Kepemimpinan) “. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan konsep kepemimpinan pendidikan Islam dalam al-Qur’ān serta
relevansinya dengan konsep kepemimpinan pendidikan kontemporer. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Pengumpulan
data dilakukan dengan mengumpulkan ayat-ayat al-Qur`ān atau bahan-bahan yang
berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahan yang diambil dari sumber- sumber kepustakaan, dalam hal ini ada dua sumber, yaitu primer dan sekunder, guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang ada di atas, maka
digunakan metode tematik (Maudhūī). Kajian ini menunjukkan bahwa konsep
kepemimpinan pendidikan Islam dalam Al-Qur`ān menurut kodrat dan iradatnya
bahwa manusia dilahirkan untuk menjadi pemimpin, diciptakan manusia bukan
tidak ada maksud tetapi Allāh SWT menjadikan manusia sebagai khalīfah atau
penguasa untuk memakmurkan bumi ini berdasarkan prinsip-prinsip dalam al- Qur`ān yang bermuara dari keimanan sebagai nilai sebuah ibadah kepada sang
khāliq, yang menempatkan seseorang sesuai bidangnya, menitik beratkan pada
standar proses bukan pada hasil serta dapat menempatkan dirinya sebagai contoh
teladan kepada bawahannya. Sebenarnya konsep kepemimpinan pendidikan Islam
dalam al-Qur`ān sangatlah urgen untuk digunakan dalam lembaga-lembaga
pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian lanjutan terhadap konsep kepemimpinan
pendidikan Islam dalam al-Qur`ān sangat diharapkan guna menghasilkan
elaborasi (pendalaman pengetahuan) yang memadai.
Kata Kunci: Konsep, Kepemimpinan, Pendidikan Islam.
ABSTRAC
The success and failure of an organization is very close with leadership. Likewise
in education, leadership is very decisive direction of an education orientation to be
run. The study is based on the number of leaders who rely on strength and terror,
sanctions or punishment and western concepts that rarely elect the leaders in
accordance with the concept of qur'ani as a consideration to improve the quality of
the implementation of Islamic education that has spiritual intelligence and always
motivated to Upholding good moral values in accordance with Islamic beliefs and
will away from all the evil and destructive nature to his personality as a religious
man. This study aims to find out the concept of leadership of Islamic education in
the Qur'an. This type of research is literature research or (library research). The
collection of data is done by collecting Qur'anic verses or materials relating to the
theme of the discussion and the problem derived from the sources of the literature,
in this case there are two sources, namely primary and secondary. In order to find
answers from some of the problems that existed above, then used thematic method
(Maudhūiy). This study shows that in the Qur'an there are several concepts of
Islamic educational leadership. The concept of Islamic education leadership in Al- Qur`ān according to the nature and its iradat that human beings are born to be
leaders, created by man is not no purpose but Allah Almighty makes man as
khalīfah or ruler to prosper the earth based on principles in Al-Qur`ān . This
research is structured to describe the concept of Islamic education leadership in
Al-Qur`an and the urgency of leadership of Islamic education in Al-Qur`an, using
qualitative method of descriptive analysis approach makes this research has a
strong level of falidity. The concept of leadership in the Qur'an which includes
understanding, the nature, principles and tasks of leadership of Islamic education
in the Qur'an. Actually the concept of Islamic education leadership in the Qur'an is
very urgent for be used in educational institutions. Therefore, further research on
the concept of Islamic education leadership in the Qur'an is desirable in order to
produce sufficient elaboration.
Keywords: Concept, leadership, Islamic education
مجرد
القيادة هي أساس من أسس النجاح فى الحياة. ولا سيما فى ما يتعلق بالتعليم والتعلم, فمن خلالها
سوف تعرف منهاجه التعليمي ليتم تشغيلها. ففى هذا البحث, فيه جوامع من المعلومات التي لا بد
منها أن تكون لدى القائد التربوي المؤ من باالله المتمسك بالدين الحنيف وليست المتمسكة بالنظام
الغربي الذين يعتمدون على القوة والإرهاب، أو العقوبات فقط، ونادرا ما تسعى القيادة فيها وفقا
للمفهوم القرآني لتحسين نوعية التعليم الإسلامي لديه لإعلاء قيم الأخلاقي مع المعتقدات الدينية
الإسلامية وسيبقى بعيدا عن كل الظلم والطبيعة المدمرة للشخصية. فهذه رسالة مختصرة دف
لمعرفة على مفهوم القيادة التربية الإسلامية في القرآن الكريم. وهذا البحث هو نوع من أنواع
البحوث المكتبي أو التراثي. ويتم جمع البيانات عن طريق جمع بعض آيات القرآنية أو المواد المتعلقة
ذا الموضوع من مصادرها الأصلية، ففي هذه الحالة من أجل العثور على إجابات لبعض المشاكل
الموجودة أعلاه استخدم هناك نوعان من المصادر، وهي الابتدائية والثانوية. ، على طريقة
الموضوعية. وتبين هذه الدراسة أن في القرآن الكريم هناك بعض المفاهيم القيادية التربوية الإسلامية،
والتي تشمل على التعريفات لوصف مفهوم القيادة التربو ية الإسلامية ضمن حقيقتها ووصفها
ووظيفتها ومقارنتها مع مفهوم القيادة التربوية المعاصرة. عسى أن يكون هذا البحث نافعا
للمؤسسات التعليمية والأكاديمية, طلا ا وإداريتها حسب ما جاء به القرآن و السنة.
الكلمات الرئيسي: مفهوم, القيادة, التربية الإسلامية
Detail Information
Penulis | |
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 154300173 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
Pasca-MPI
|