Skripsi
DAMPAK BISNIS ONLINE TERHADAP PEDAGANG KONVENSIONAL DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI BISNIS DI KOTA LHOKSEUMAWE
XMLSkripsi ini berjudul “Dampak Bisnis Online Terhadap Pedagang Konvensional
Dalam Perspektif Komunikasi Bisnis Di Kota Lhokseumawe”. Pemilihan judul ini
dilatar belakang oleh perkembangan bisnis online yang semakin pesat di Kota
Lhokseumawe yang akan mempengaruhi perekonomian para pedagang
konvensional di Kota Lhokseumawe. Adapun rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah apa saja dampak yang ditimbulkan dari bisnis online terhadap pedagang
konvensional di Kota Lhokseumawe, dan langkah-langkah yang diambil
pedagang konvensional dalam menghadapi perkembangan bisnis online.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang
ditimbulkan dari bisnis online terhadap pedagang konvensional di Kota
Lhokseumawe, dan untuk mengetahui langkah-langkah yang diambil pedagang
konvensional dalam menghadapi perkembangan bisnis online. Adapun teori yang
penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications yang
dikemukakan oleh Jay G. Blumler, Michael Gurevitch dan Elihu Katz (1959).
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dampak yang ditimbulkan dari bisnis online terhadap pedagang konvensional
yaitu penurunan jumlah konsumen, penurunan jumlah pendapatan usaha para
pedagang konvensional dan semakin meningkatnya jumlah pesaing. Sedangkan
langkah-langkah yang diterapkan oleh para pedagang konvensional dalam
menghadapi perkembangan bisnis online yaitu dengan membuka toko online,
strategi harga bersaing dan meningkatkan kualitas pelayanan. Kata kunci: Bisnis
online, pedagang konvensional, dan komunikasi bisnis.
Detail Information
Penulis |
M. MUKHTARIDA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 143108532 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FUAD-KPI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
KPI
|