Skripsi
MANAJEMEN HUMAS IAIN LHOKSEUMAWE DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT
XMLSkripsi ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Skripsi
ini berjudul: “Manajemen Humas IAIN Malikussaleh Lhokseumawe Dalam
Membangun Kepercayaan Masyarakat”. Adapun pemilihan judul penelitian
tersebut dilatarbelakangi oleh Semakin berkembangnya teknologi tentunya juga
akan meningkatkan daya saing antar lembaga pendidikan terutama perguruan
tinggi baik didalam maupun di luar negeri. Selain itu, masyarakat saat ini
umumnya memandang pendidikan sebagai salah satu kebutuhan yang harus
dipenuhi agar mampu memberikan nilai tambah dalam kehidupan. Hal ini menjadi
tantangan tersendiri bagi sebuah lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi
untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang ikut merubah pola pikir
masyarakat dibutuhkan manajemen humas yang didasari pemahaman terhadap
persoalan-persoalan kehumasan dan kebutuhan perguruan tinggi. Fokus utama
dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana manajemen humas IAIN Lhokseumawe
dalam upaya membangun kepercayaan masyarakat, dan; 2) kendala apa saja yang
dihadapi humas IAIN Lhokseumawe dalam upaya membangun kepercayaan
masyarakat. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui
manajemen humas IAIN Lhokseumawe dalam upaya membangun kepercayaan
masyarakat, dan; 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi humas IAIN
Lhokseumawe dalam upaya membangun kepercayaan masyarakat. Untuk
mendukung penelitian ini, penulis menggunakan teori Relationship Management
Theory (Teori Manajemen Hubungan), teori ini pertama kali dianjurkan oleh Dr.
Mary Ann Ferguson tapatnya pada tahun 1984. Teori relationship management
fokus membahas proses manajemen relasi yang dibangun antara organisasi
dengan publiknya, baik itu publik internal maupun publik eksternal. Teori
relationship management ini menganggap manajemen relasi yaitu fungsi sentral
public relations. Komunikasi ditempatkan sebagai alat untuk membangun relasi,
dan program dievaluasi berdasarkan dampaknya pada relasi antara organisasi dan
publik. Sementara itu, dalam proses penelitian penulis menggunakan beberapa
teknik pengumpulan data, yang terdiri dari observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dari kegiatan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan
manajemen humas IAIN Lhokseumawe dalam membangun kepercayaan
masyarakat dimulai dari proses identifikasi masalah, perencanaan dan program,
aksi dan komunikasi, dan evaluasi program. manajemen humas IAIN
Lhokseumawe terdiri dari proses penghimpunan informasi dari luar,
penginformasian kedalam, mencari dan menawarkan jalan keluar dari
permasalahan atau dari informasi yang didapat dari luar, melakukan sosialisasi
dan publikasi sebagai bagian dari aksi dan komunikasi, dan membangun
relasi/hubungan baik secara internal maupun eksternal dengan fokus utama yaitu
membangun kepercayaan masyarakat. Sementara itu beberapa kendala dihadapi
Humas IAIN Lhokseumawe dalam upaya membangun kepercayaan masyarakat.
Adapun kendala-kendala tersebut terdiri dari: 1) kendala yang bersifat teknis
berupa kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung kinerja bidang
kehumasan seperti tidak tersedianya komputer, ruang kerja yang kurang memadai,
x
dan tidak tersedianya perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan dalam
mendukung kinerja humas; 2) kendala yang bersifat semantik yaitu kurangnya
skill humas dalam bidang kehumasan. Kurangnya skill bisang kehumasan
dipengaruhi oleh penempatan SDM yang tidak memiliki kompetensi dibidang
kehumasan; dan 3) kendala yang bersifat manusiawi yaitu kurangnya koordinasi
antara humas dan lembaga. Kurangnya koordinasi ini merupakan kendala yang
disebabkan oleh personal, kepercayaan staff dan masalah eselonisasi bahwa
humas itu hanya ada ada pada posisi staff dimana yang seharusnya ia berdiri
sendiri. Selain itu, belum adanya kesadaran di lembaga tentang peranan humas
dimana seharusnya semua aktivitas yang dilakukan oleh lembaga harus
diinformasikan terlebih dahulu kepada humas.
Kata kunci: Manajemen Humas, Hambatan Komunikasi, Kepercayaan
Masyarakat
Detail Information
Penulis |
HERI HASMADI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 143108527 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FUAD-KPI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
KPI
|