Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK DAN KUBUS DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI KELAS VI SD NEGERI 2 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE
XMLPembelajaran matematika sekarang ini masih sulit untuk meningkatkan hasil
belajar matematika. Salah satu penyebabnya guru masih memberikan metode
pembelajaran yang tradisional, dimana guru lebih mendominasi seluruh kegiatan
pembelajaran di kelas dan posisi siswa pasif dengan lebih memperhatikan apa
yang disampaikan oleh guru. Akibatnya otak siswa tidak terlatih berpikir untuk
menganalisa, menyimpulkan atau menalar dari informasi yang diberikan oleh
guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan tersebut
adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 2
Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah siswa kelas VI sebanyak 40
orang. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut:
Penelitian ini berhasil apabila mencapai ketuntasan klasikal 80% dan kegiatan
pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa berdasarkan hasil observasi berada
pada kategori ”baik”. Secara keseluruhan hasil penelitian dengan penerapan
pembelajaran STAD menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan matematika
siswa mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir siklus II jumlah persentase
ketuntasan adalah sebesar 85%, hasil ini lebih besar dari persentase yang
diperoleh pada tes akhir siklus I yaitu sebesar 65% dan persentase siklus II
tersebut lebih besar dari standar ketuntasan yang ditetapkan. Begitu pula dengan
hasil observasi siklus II terhadap kegiatan peneliti rata-rata 84,61%, sedangkan
terhadap kegiatan siswa rata-rata 85%, hasil ini lebih besar dari hasil observasi
pada siklus I terhadap kegiatan peneliti yang rata-ratanya hanya mencapai 75,38%
dan terhadap kegiatan siswa hanya mencapai rata-rata 70 % dan persentase siklus
II yang diperoleh tersebut lebih besar daripada persentase yang diharapkan yaitu
≥80%, karena persentase yang diperoleh lebih besar daripada standar yang
ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah berhasil dan tidak perlu
dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada
materi balok dan kubus di SD Negeri 2 Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
Faisal Riza - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208785 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|