Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK AL-MUNTAHAR KOTA LHOKSEUMAWE
XMLKemampuan berbicara anak diTK Al-Muntahar masih belum optimal dan masih
perlu peningkatan, anak-anak masih kurang berani dalam berbicara didepan kelas
sehingga apa yang diucapkan tidak jelas dan lancar. Hal ini disebabkan oleh
metode yang dipilih dan digunakan oleh guru belum mampu untuk menarik minat
anak dalam berbicara. Berdasarkan permasalahan inilah peneliti mengambiljudul
“Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan
Menggunakan Metode Role Playing Di TK Al-Muntahar Kota Lhokseumawe”
karena menghadapi masalah tentang hasil belajar pada peserta didik di TK Al- Muntahar Kota Lhokseumawe.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh terhadap metode Role Playing pada peningkatan hasil belajar
siswa dalam berbicara di TK Al-Muntahar Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran
2017/2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang
bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar dalam kemampuan berbicara bagi
siswa. Pengambilan data dilakukan denganpengamatan dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan, metode Role Playingefektif digunakanpada peningkatan
hasil belajar siswa TK Al-Muntahar, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan
motivasi dan keaktifanpeserta didik terlihat pada rasa senang, perhatian,
ketertarikan, rasa ingin tahu,mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam
mengerjakan tugas, kemauanbertanya dan mengemukakan pendapat, yaitu melalui
hasil test siswaantarasiklus I dan II, hasil test siklus I siswa yang hanya 7
siswaatau 62 %, akan tetapi setelah siklus II, hasil test
siswamengalamipeningkatan siswa yang tuntas mencapai 18 siswaatau 93 %.Jadi
secara keseluruhan peningkatan kemampuanmotorik halus mengalami
peningkatan 31% dan peningkatantersebut terjadisecara bertahap dari kategori
Belum Berkembang dan akhirnya menjadi Berkembang Sesuai Harapan.
Detail Information
Penulis |
IDAWATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108606 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|