ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAKSO LEMBUT DI SP RANGKAYA KECAMATAN TANAH LUAS

Record Detail

Skripsi

ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAKSO LEMBUT DI SP RANGKAYA KECAMATAN TANAH LUAS

XML

Allah SWT telah menjadikan manusia yang masing-masing saling membutuhkan
satu sama lain, supaya mereka tolong-menolong, tukar-menukar keperluan dalam
segala urusan kepentingan hidup masing-masing, baik dengan jalan jual beli, sewa
menyewa, bercocok tanam, atau perusahaan yang lain, baik dalam urusan
kepentingan sendiri maupun kemaslahatan umum. Dengan cara demikian
kehidupan masyarakat menjadi teratur dan subur, pertalian yang satu dan yang
lain pun menjadi teguh. Yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana
strategi pengembangan usaha warung bakso lembut Di Sp Rangkaya Kecamatan
Tanah Luas dan bagaimana etika bisnis Islam terhadap strategi pengembangan
usaha warung bakso lembut Di Sp Rangkaya Kecamatan Tanah Luas. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research)
yaitu metode penelitian kualitatif yang dilakukan di tempat atau lokasi di
lapangan. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian deskriptif- kualitatif, yaitu meliputi pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab
pertanyaan mengenai status terakhir dari subjek penelitian. Hasil penelitian yang
penulis dapatkan. Pertama, strategi pengembangan usaha warung bakso lembut di
Sp Rangkaya Kecamatan Tanah Luas yaitu menjaga kualitas bakso, memberikan
pelayanan yang terbaik, menerima segala masukan dan kritikan dari pelanggan,
memberi harga standar tidak pernah berubah, tempat, memiliki lokasi yang
strategis yang sangat terjangkau membuat konsumen dengan mudah mendatangi
atau menemukan tempat. Kedua, etika bisnis Islam terhadap strategi
pengembangan usaha warung bakso lembut Di Sp Rangkaya Kecamatan Tanah
Luas yaitu produk, bahan bakso yang akan akan dipakai terjamin kehalalnya,
berdasarkan lebel halal, serta pemotongan ayam/daging sesuai dengan syariat
Islam, serta memakai bahan yang alami serta terjamin tanpa bahan pengawet
makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Kebersihan, selalu menjaga kebersihan
bakso yang akan dijual, seperti membersihkan tempat jual menjaga bakso yang di
jual-belikan dari debu, membersihkan kotoran dari hasil membuat bakso lembut
tersebut, menyiapkan tempat pembuangan sampah dan sebelum dijual memastika
terlebih dahulu bakso tersebut layak dikonsumsi dan lain-lain. Harga yang
ditetapkan oleh usaha bakso lembut sudah diperhitungkan yang disesuaikan
dengan biaya produksi, operasional, dan keuntungan. Pelayanan, para karyawan
selalu ramah, sopan, tamah dan murah senyum kepada konsumen. Warung bakso
lembut bisa berkembang diseputaran Simpang rangkaya, karena warung bakso
lembut tidak sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis Islam dan usaha bakso
lembut tidak mempunya izin usaha, lebel halalnya, brandnya tidak ada, tidak
seperti warung-warung yang besar yang berkembang secara luas.
.Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Etika Bisnis Islam, Usaha Bakso Lembut


Detail Information

Penulis
MURNI CAHYATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 141208029
Edition
Language
English
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
EKONOMI SYARIAH

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail