PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE COOPERATIVE DI TK PERMATA HATI ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE COOPERATIVE DI TK PERMATA HATI ACEH UTARA

XML

Nur Asma. 2017. Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode
Cooperative di TK Permata Hati Aceh Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Pembimbing: (1) Cut Intan Hayati,
S.Pd.I, M.A, Pembimbing (2) Elfiadi, M.Pd
Kecerdasan Interpersonal anak belum berkembang secara optimal, hal ini tampak
pada keadaan anak-anak dimana kemampuan anak dalam berinteraksi dengan
teman sebaya masih kurang, anak ingin menang sendiri, tidak sabar menunggu
giliran bila sedang bermain bersama, kurangnya interaksi dan kerja sama serta
komunikasi antara anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kecerdasan interpersonal pada anak melalui metode cooperative dengan kegiatan
bermain plastisin dan bongkar pasang pada kelas B di TK Permata Hati Desa
Jamuan Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan guru. Penerima tindakan adalah
anak kelompok B. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang setiap masing- masing siklus mempunyai 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan/tindakan,
observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kecerdasan interpersonal
dikatakan berhasil apabila persentase kecerdasan interpersonal mencapai 75-80%
dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak, yakni sebelum tindakan
dengan persentase sebesar 33% (Berkembang Sesuai Harapan), pada siklus I
mengalami peningkatan sebesar 26,7% menjadi 66,7% (Berkembang Sangat
Baik). Dan pada siklus II menjadi 80% (Berkembang Sangat Baik) dengan
peningkatan sebesar 13,3%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan
bahwa melalui metode cooperative dengan kegiatan bongkar pasang dan bermain
plastisin dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.


Detail Information

Penulis
NUR ASMA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM . 132507840
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail